Telkom dan PPI Kerja Sama Kembangkan Perdagangan Berbasis ICT

Senin, 21 Desember 2015 - 23:23 WIB
Telkom dan PPI Kerja Sama Kembangkan Perdagangan Berbasis ICT
Telkom dan PPI Kerja Sama Kembangkan Perdagangan Berbasis ICT
A A A
JAKARTA - Dalam mewujudkan Indonesia Trading House berbasis ICT, PT Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI) akan menerapkan Enterprise Resource Planning (ERP) yang akan membantu mengintegrasikan semua sistem dan fungsi perusahaan. Untuk merealisasikan hal tersebut, PPI sepakat melaksanakan penandatanganan kontrak dengan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom).

Penandatanganan kontrak dilakukan oleh Executive General Manager Divisi Enterprise Service Telkom Siti Choiriana dan Direktur Pengembangan Bisnis PPI Charles Sitorus disaksikan oleh Direktur Utama PPI Dayu Padmara Rengganis dan Direktur Enteprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin di Hotel Aryaduta Jakarta, Senin (21/12/2015).

Melalui kerja sama ini Telkom mendukung bisnis PPI melalui pengembangan Enterprise Resource Planning (ERP) berupa pengadaan lisensi dan software, jasa konsultasi implementasi ERP, pengadaan hardware, serta network di Data Center dan Collocation.

Pada kesempatan tersebut, Direktur Enteprise & Business Service Telkom Awaluddin menjelaskan bahwa kerja sama ini merupakan kolaborasi dua perusahaan yang baik dalam memperkuat kemajuan industri dan perekonomian di Indonesia, setelah sebelumnya Telkom mendukung sektor maritim, pariwisata dan pendidikan Indonesia.

“Telkom berkomitmen penuh untuk menyelesaikan pekerjaan ini dan tidak tertutup kemungkinan kerja sama ini akan dikembangkan ke solusi lain sesuai perkembangan dan kebutuhan PPI,” terangnya, dalam keterangan tertulis kepada Sindonews, Senin (21/12/2015).

Sementara itu, Direktur Utama PPI Dayu Padmara Rengganis mengatakan, PPI ingin memiliki suatu sistem yang terintegrasi dan terpadu untuk menunjang pembuatan keputusan managemen terhadap proses bisnis yang ada secara cepat, tepat dan akurat sehingga diperoleh pebaikan serta efesiensi.

“Ini merupakan langkah awal untuk menjalankan visi PPI, yaitu menjadikan PPI sebagai Indonesia Trading House berbasis Teknologi Informasi dalam waktu 3 tahun ke depan. Sehingga, PPI akan menjadi interface agar seluruh produk Indonesia dikenal dunia”, ujar Dayu Padmara.

Diharapkan dengan hadirnya sistem ERP yang didukung Telkom akan sangat mendukung PPI dalam melakukan tugas yang diamanahkan pemerintah sebagai satu-satunya BUMN yang bergerak di bidang perdagangan, serta stabilisator harga dan penyedia stok gula nasional.

ERP ini akan mengintegrasikan seluruh sistem penjualan dan monitoring stock dari produk-produk yang diperdagangkan PPI dengan sistem kerja yang efesien dan efektif. Ke depan, PPI akan terus mengembangkan sistem guna menunjang kegiatan transaksi perdagangan sehingga dapat bersaing dengan perusahaan lain secara global dan siap menghadapi MEA.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6352 seconds (0.1#10.140)