Irman Gusman Terima Menperindag Rusia

Sabtu, 09 Januari 2016 - 01:21 WIB
Irman Gusman Terima Menperindag Rusia
Irman Gusman Terima Menperindag Rusia
A A A
JAKARTA - Ketua DPD RI Irman Gusman menerima kunjungan Menteri Perindustrian dan Perdagangan (Menperindag) Rusia, sekaligus Ketua Sidang Komisi Bersama (SKB) Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi, dan Teknis Rusia-Indonesia Denis Manturov‎ di ruangan delegasi DPD RI Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (8/1/2016).

Dia menyam‎paikan keinginannya untuk meningkatkan kerjasama internasional di sektor industri yang mendukung berbagai proyek di Indonesia seperti infrastruktur jalan tol dan pelabuhan laut, perkapalan, perkeretaapian, penerbangan sipil dan militer, pertahanan, nuklir dan kelistrikan, dan pengolahan alumina.

Denis memimpin delegasi ke Indonesia yang terdiri atas Rostec State Corporation, Rosoboronexport State Corporation, Russian Railways, United Aircraft Corporation (UAC), United Shipbuilding Corporation (USC), United Company RUSAL (UC RUSAL), dan Rosatom State Nuclear Energy Corporation. Mikhail Yurievich Galuzin (Duta Besar Federasi Rusia untuk Republik Indonesia) turut mendampingi kunjungan itu.

Dalam pertemuannya dengan Irman, Denis menjelaskan hasil pembicaraannya dengan Presiden Joko Widodo, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Luar Negeri Retno Lestari Priansari Marsudi, dan Menteri Pertahanan Ryamizard Ryacudu. Bersama para menteri itu, dia menyam‎paikan keinginan pihaknya untuk meningkatkan kerjasama internasional.

Kepada Irman, dia mengatakan bahwa Pemerintah Federasi Rusia menyiapkan road map rencana investasi Rusia di Indonesia. Denis menekankan keunggulan teknologi Rusia dan komitmen pihaknya berinvestasi di Indonesia. “Kami mendorong pengembangan industrial di daerah,” ujarnya.

Untuk kelanjutan investasi di Indonesia itu, pihaknya membentuk lembaga dana investasi yang akan bermitra dengan lembaga dana investasi sejenis di Indonesia. Rusia juga menjalin kerjasama antarlembaga dana investasi bersama Saudi Arabia, Uni Emirat Arab, Bahrain, dan Cina. “Rusia siap menjalin kerjasama dengan lembaga dana investasi di Indonesia.“

Irman meyakinkan Denis bahwa DPD RI mendorong Pemerintah Republik Indonesia untuk mengembangkan kerjasama internasional di sektor industri. “Kami dukung berbagai kerjasama di sektor industri,” ucapnya. Dalam acara itu, Wakil Ketua DPD RI Farouk Muhammad dan Sekretaris Jenderal DPD RI Sudarsono Hardjosoekarto mendampinginya.

Mengenai kerjasama di bidang penerbangan, menurut Denis, pihaknya siap memajukan korporasi perusahaan pesawat terbang sipil dan militer kedua negara. Sebagai bagian kebijakan substitusi impor, pesawat MS-21 dan SSJ-100 akan menggunakan komponen buatan dalam negeri. Program pesawat MS-21 dan SSJ-100 itu akan memajukan pesawat penumpang itu di pasar kawasan Asia-Pasifik.

Denis menyinggung keikutsertaan Rusia dalam ASEAN–Russia Dialogue Partnership. Dia meminta dukungan DPD RI untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan perdagangan antara ASEAN dan Rusia.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0212 seconds (0.1#10.140)