Penguatan Rupiah Diramal Berlanjut

Senin, 11 Januari 2016 - 07:38 WIB
Penguatan Rupiah Diramal...
Penguatan Rupiah Diramal Berlanjut
A A A
JAKARTA - Laju penguatan rupiah terhadap dolar AS (USD) pada awal pekan ini diperkirakan berlanjut jika asumsi sentimen dari rilis cadangan devisa masih ada. Hal ini menjadi angin segar bagi mata uang Garuda.

"Namun demikian, tetap cermati sentimen yang ada dan perubahan laju rupiah (jika terjadi)," ujar Kepala Riset PT NH Korindo Securities Indonesia Reza Priyambada di Jakarta, Senin (11/1/2016)

Dia memprediksi rupiah berdasarkan kurs tengah Bank Indonesia (BI) akan berada pada rentang Rp13.865-Rp13.880/USD. Meredanya pelemahan yuan dan imbas rilis kenaikan cadangan devisa sebanyak USD5,7 miliar menjadi USD105,9 miliar mampu memberikan sentimen positif sehingga laju rupiah dapat berbalik positif.

Begitpun dengan imbas kenaikan yen setelah beberapa data Jepang menunjukkan adanya peningkatan, antara lain forex reserves dan coincident index turut memberikan kesempatan positif bagi laju rupiah.

Tidak hanya itu, perkiraan Bank Indonesia terkait cadangan devisa, di mana posisi cadangan devisa terakhir dapat membiayai 7,7 bulan impor atau 7,4 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah. "Jumlah tersebut juga berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor dapat menambah sentimen positif," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6363 seconds (0.1#10.140)