Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sedot Pasar Travel

Senin, 11 Januari 2016 - 11:32 WIB
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sedot Pasar Travel
Kereta Cepat Jakarta-Bandung Sedot Pasar Travel
A A A
JAKARTA - Proyek kereta cepat Jakarta-Bandung jika selesai diperkirakan akan mengambil pasar travel dan tidak memengaruhi pasar bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP).

Direktur Eksekutif Infrastructure Partnership & Knowledge Center (IPKC) Harun Alrasyid Lubis mengatakan, dua jenis transportasi itu sama-sama kelas premium. Beda dengan bus AKAP.

"AKAP ke Kampung Rambutan tidak akan pengaruh. Ini premium, travel dan kereta api biasa sekarang pasti dia sedot," ujarnya di Jakarta, Senin (11/1/2016).

Menurutnya, trayek kereta cepat dengan kecepatan hingga 200 kilometer/jam itu masih terlalu pendek jaraknya antara Jakarta-Bandung. Lebih cocok untuk jarak 400 km lebih.

"KA cepat harusnya untuk jarak 400-700 km. Jadi kalau ada KA cepat, di mana-mana menyedot yang dari pesawat karena dia jaraknya jauh, kalau dibuat jangka pendek di bawah 200 km seperti ke Bandung, tidak ada pesawat," tutur dia.

Harun mengatakan, ada duplikasi dengan dibangunnya kereta cepat rute Jakarta-Bandung. Sebab, sudah ada jalan tol yang menghubungkan dua kota tersebut. "Tidak duplikasi membangun ini? Manfaatnya apa? Pendek banget sampai Bandung," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3067 seconds (0.1#10.140)