Ini Isi Soal Seleksi Pegawai BEI

Sabtu, 16 Januari 2016 - 15:49 WIB
Ini Isi Soal Seleksi Pegawai BEI
Ini Isi Soal Seleksi Pegawai BEI
A A A
JAKARTA - PT Bursa Efek Indonesia (BEI) menggelar seleksi pegawai melalui Capital Market Professional-Development Program (CMP-DP). Sebanyak 4.200 pelamar mengikuti tes tertulis yang digelar serempak di seluruh Indonesia.

Direktur Utama BEI Tito Sulistio mengungkapkan, soal yang diberikan kepada peserta seleksi. Sebanyak 100 soal dibagi dalam empat kategori, yaitu bahasa Inggris, matematika, etika, dan terkait industri pasar modal.

"Karena ujian dari 100 soal, yang berkaitan dengan pasar modal hanya ada 25%, 25% Bahasa Inggris, 25% etika, dan 25% matematika," ujarnya di Jakarta, Sabtu (16/1/2016).

Selain itu, kata Tito, ada juga soal esai sebanyak dua buah, para pelamar yang mengikuti tes hanya diizinkan menjawab satu dari dua soal uraian tersebut.

"Terus ada esai, pilih salah satu, ini menarik. Pertama, bagaimana mengembangkan bursa dan meningkatkan jumlah investor lalu cara menghitung tinggi gedung bursa, ini masalah logika," katanya.

Tito menjelaskan, dengan semakin banyaknya ketersediaan tenaga profesional di pasar modal, diharapkan dapat semakin menumbuhkembangkan industri pasar modal dalam beberapa tahun mendatang.

Sehingga, mimpi pasar modal Indonesia menjadi yang paling besar di kawasan Asia Tenggara maupun Asia dapat terwujud di masa depan.

Tingkat literasi masyarakat Indonesia terhadap pasar modal dan tingkat utilitas produk pasar modal sendiri tercatat masih jauh tertinggal jika dibandingkan dengan lima industri jasa keuangan lainnya di Indonesia.

Sebab itu, selain harus masif melakukan sosialisasi dan edukasi melalui serangkaian program kepada masyarakat, pasar modal Indonesia juga dituntut harus memiliki tenaga profesional yang kompeten, andal, dan mampu menjawab tantangan di masa depan.

"Akan tetapi, sampai dengan saat ini jumlah tenaga profesional di industri pasar modal Indonesia yang memiliki kompetensi dan sesuai dengan kebutuhan bisnis pasar modal yang masih minim," pungkasnya.

Baca juga:

Jajaran Direksi Freeport Bisa dari Indonesia Semua

HT: Penawaran Saham Freeport Terlampau Mahal

Menkeu Minta Market Tak Nervous Pascaledakan Bom
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6804 seconds (0.1#10.140)