Harga Minyak Anjlok Pengaruhi NPL Bank Mandiri

Jum'at, 29 Januari 2016 - 14:42 WIB
Harga Minyak Anjlok Pengaruhi NPL Bank Mandiri
Harga Minyak Anjlok Pengaruhi NPL Bank Mandiri
A A A
JAKARTA - Anjloknya harga minyak dunia hingga di level USD30/barel memengaruhi kredit bermasalah (nonperforming loan/NPL) PT Bank Mandiri Tbk (BMRI), karena ada nasabah yang bergerak di sektor pertambangan.

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri Pahala N Mansury mengatakan, anjloknya harga minyak dan komoditas memengaruhi perusahaan.

"Hambatan minyak dan komoditas, kita sampai saat ini tentunya kita lihat ada pengaruh sedikit. Kita lihat secara sistem perbankan ada kenaikan angka NPL," ujarnya di Jakarta, Jumat (29/1/2016).

Pahala menjelaskan, sektor industri turunan tambang terkena dampak dari penurunan harga minyak dunia meski dalam portofolio Bank Mandiri tidak banyak.

"Banyak tentunya sektor turunan industri tambang ada pengaruh, meski tidak ada portofolio besar dari pertambangan tapi lebih pengaruh ke yang berikan servis ke pertambangan," kata dia.

Kendati demikian, Pahala menyakini harga minyak dunia akan kembali pulih pada semester II tahun ini ke level USD50/barel dan diikuti komoditas lainnya.

"Yang kita lihat harga minyak terkena di bawah USD30/barel. Di paruh kedua akan membaik kembali ke USD50/barel tahun ini harga komoditas lain ikuti harga minyak," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9532 seconds (0.1#10.140)