Investor Mulai Lirik Investasi Sektor Energi Terbarukan

Rabu, 03 Februari 2016 - 11:52 WIB
Investor Mulai Lirik Investasi Sektor Energi Terbarukan
Investor Mulai Lirik Investasi Sektor Energi Terbarukan
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai investasi di sektor energi terbarukan menjanjikan. Bahkan, saat ini nilai investasi di sektor energi sudah mencapai sekitar Rp1 triliun.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengatakan, banyak investor yang berminat untuk berinvestasi di sektor ini. "Saya kira kesempatannya besar tadi disebutkan kira-kira Rp1 trilliun sudah terhimpun dan itu akan terus berkembang karena kelihatannya minatnya besar. Maka ESDM akan merasa punya semangat lebih kuat," katanya di Jakarta, Rabu (3/1/2016).

Selama ini, lanjut Sudirman, investor yang datang dari perbankan atau privat. Bahkan, sekarang ada lembaga keuangan yang fokus pada rencana jangka panjang dari dana pensiun dan asuransi.

"Artinya sustainability dalam pendanaan lebih terjamin. Mereka komitmen untuk jangka panjang dan ini komitmen untuk investasi di bidang energi karena return-nya perlu waktu," ujarnya.

Menurutnya, sampai 10 tahun ke depan, pendanaan untuk energi baru dan terbarukan dibutuhkan Rp1.600 triliun dan bertahap. "Nanti akan dilihat bagaimana perkembangannya di lapangan tapi kesempatannya sangat besar," pungkas dia.

Baca: OJK Dorong Jasa Keuangan Perbesar Pembiayaan Sektor Energi
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9002 seconds (0.1#10.140)