6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel

Sabtu, 06 Februari 2016 - 18:21 WIB
6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel
6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel
A A A
RITEL merupakan industri besar dan menguntungkan, bahkan penjualan ritel secara global diproyeksikan di atas USD24 triliun pada tahun lalu dan diperkirakan akan tumbuh 3,2% tahun ini. Hal ini membuat para tokoh yang menjalankan perusahaan terbesar sektor ini menjadi semakin kaya.

Seperti dikutip dari Business Insider, Sabtu (6/2/2016), Wealth-X telah merilis 50 orang terkaya di dunia dengan deretan 10 teratas ditempati oleh tiga orang di bidang ritel.

Berikut 6 orang terkaya di industri ritel:

1. Amancio Ortega

6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD66,8 milair
Usia: 79
Negara: Spanyol
Sumber kekayaan: Inditex

Dengan kekayaan bersih lebih dari USD66 miliar, Amancio Ortega menjadi orang terkaya kedua pria di dunia berkat kendalinya dari mode raksasa Spanyol Inditex.

Kekayaannya meningkat terkait dengan lonjakan pertumbuhan Inditex, dan sahamnya melonjak 34% tahun lalu, penjualannya naik 16% termasuk laba meningkat 20% untuk sembilan bulan pertama 2015, dan perusahaan membuka 230 toko baru di 48 pasar.

Rantai adalah lanskap ritel sebagai desain yang belum terjangkau tak berhenti menarik pelanggan yang terus-menerus mendambakan gaya baru dengan harga murah.

Namun, meski kekayaan Ortega besar, dia tetap menjadi seorang yang rendah hati. Dia seroang makan siang bersama karyawannya kantin perusahaan, dan meski dia orang terkaya di industri fashion, dia tetap memakain pakaian sederhan, kemeja putih dan blazer biru.

2. Jeff Bezos


6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD56,6 miliar
Usia: 51
Negara: AS
Sumber kekayaan: Amazon.com

Jeff Bezos mendapat keberuntungan besar dengan memperkenalkan e-commerce untuk dunia. Setelah menghabiskan waktunya pada bidang keuangan di Wall Street, Bezos mendirikan Amazon.com di garasi rumahnya pada 1994 dan dioperasikan secara eksklusif sebagai pengecer buku online.
Perusahaan pun akhirnya mampu go public tiga tahun kemudian dan telah berkembang pesat. Penjualannya mampu menghasilkan USD89 miliar pada 2014.

3. Ingvar Kamprad

6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD39,3 miliar
Usia: 89
Negara: Swedia
Sumber kekayaan: IKEA

Pada usia 17, Ingvar Kamprad mendirikan IKEA, dan menjadi pengecer furniture terbesar di dunia dengan penjualan melebihi USD33 miliar.

Kini, tokoh bisnis Swedia ini tidak lagi terlibat langsung dalam operasi pengambilan keputusan di perusahaanya. Dia duduk sebagai penasihat senior dewan pengawas.

Meski masuk daftar orang terkaya, dia tetap hidup sederhana dengan hidup di hotel murah da memakai kendaraan Volvo sejak dulu dalam dua dekade. Bahkan, dia dan keluarganya keluar dari Swedia pada 1970 untuk menghindari tarif pajak yang berat. Dia kembali untuk tinggal di negara asalnya pada 2013 setelah lama tinggal di Swiss.

Tapi Kamprad juga tetap menjadi orang yang murah hati dengan kekayaannya, menyumbangkan untuk hak-hak anak, imunisasi, lingkungan dan satwa liar, pendidikan, dan penelitian medis, dengan pemberian sudah mencapai USD300 juta.

4. Jim Walton

6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD34,8 miliar
Usia: 67
Negara: AS
Sumber kekayaan: Warisan; Walmart

Orang tua Jim Walton, Helen dan Sam Walton membeli saham mayoritas di Arkansas 'Bank of Bentonville sebelum membuka toko Walmart pertamanya di Rogers, Arkansas pada 1962, ketika Jim berusia 14 tahun. Dalam lima tahun, keluarganya telah memiliki 24 toko ritel dan pada 1972 Walmart tercatat di Bursa Efek New York.
Pada 1975, setelah bekerja di departemen real-estate Walmart selama beberapa tahun, Jim bergabung dengan abnk milik orangtuanya, kemudian berganti nama Arvest Bank Group.

Dia juga sebagai direktur Walton Enterprises, perusahaan induk untuk aset keluarga Walton, dan ketua Community Publisher, perusahaan koran yang berbasis di Arkansas. Setelah kematian saudaranya John pada 2005, Jim bergabung dengan dewan Walmart dan menjabat sebagai direktur.

5. Rob Walton

6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD33,5 miliar
Usia: 71
Negara: AS
Sumber kekayaan: Walmart

Samuel Robson Walton adalah anak tertua dari pendiri Walmart Sam Walton. Dia mulai bekerja di raksasa ritel ikonik pada 1969, memegang posisi sebagai wakil presiden senior. Namun, dia mengundurkan diri setelah bekerja 23 tahun dan digantikan oleh menantunya.


6. Alice Walton

6 Orang Terkaya di Dunia dalam Industri Ritel


Kekayaan bersih: USD33,2 miliar
Usia: 66
Negara: AS
Sumber kekayaan: Warisan; Walmart

Putri mendiang pendiri Walmart Sam Walton, Alice Walton mendapat bagian warisan dari perusahaan orang tuanya, dan menjadikannya sebagai wanita terkaya di dunia.

Dia tidak pernah menduduki jabatan di pimpinan Walmart. Dia lebih memilih menekuni hobinya di bidang seni sejak berusia 10 tahun.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3744 seconds (0.1#10.140)