Penurunan Tarif Pesawat Kelas Ekonomi Bersifat Sementara

Kamis, 11 Februari 2016 - 15:58 WIB
Penurunan Tarif Pesawat Kelas Ekonomi Bersifat Sementara
Penurunan Tarif Pesawat Kelas Ekonomi Bersifat Sementara
A A A
JAKARTA - Pemerintah hari ini telah resmi menurunkan tarif pesawat sebesar 5% dari tarif batas atas dan batas bawah penumpang pelayanan kelas ekonomi angkutan udara berjadwal dalam negeri. Namun penurunan akibat penyesuaian harga avtur dan fluktuasi dolar Amerika Serikat (USD) tersebut hanya ‎bersifat sementara.

Indonesian National Air Carrier Assosiation (INACA) mengatakan, sampai saat ini avtur dan fluktuasi nilai tukar rupiah mengalami perubahan setiap harinya. Bahkan dalam 1 hari bisa terjadi fluktuasi yang luar biasa, karena itu dijelaskan penurunan ini hanya bersifat sementara.

"Dinamikanya pasti ada, kenaikan tahun lalu belum ada koreksinya. Waktu turun atau naik juga tidak ada koreksinya. Ini bisa saja terkoreksi dalam 3 bulan karena fluktuasi harga avtur dan dolar cepat berubah," ujar Sekretaris Jenderal INACA, Tengku Burhanuddin di Kementerian Perhubungan, Jakarta, Kamis (11/2/2016).

(Baca Juga: Tarif Batas Atas dan Bawah Pesawat Turun 5%)

Dia menambahkan dengan pelemahan ekonomi di Indonesia, memang membawa dampak buruk untuk industri penerbangan Indonesia. Hal ini lantaran sebagian dari biaya operasional industri penerbangan menggunakan USD sehingga semakin memberatkan maskapai-maskapai yang beroperasi di Indonesia.

Lanjut dia, diharapkan kedepannya harga avtur bisa lebih stabil dan USD setidaknya dalam kondisi tenang sehingga tidak menimbulkan gejolak hingga ke maskapai penerbangan domestik. Adapun penurunan tarif baru akan berlaku yakni pada 28 Februari 2016.

"Kami harapkan ada kestabilan pemerintah, lalu dolar bisa stabil paling bagus dan tenang, kalau turun naik bisa diperdebatkan. Mudah-mudahan harga avturnya maintance, dolar kalau naik harus dievaluasi secara benar jadi tidak bisa satu komponen saja," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3545 seconds (0.1#10.140)