Menko Darmin Desak BUMN Tak Minta Bunga Tinggi ke Bank

Jum'at, 19 Februari 2016 - 18:37 WIB
Menko Darmin Desak BUMN Tak Minta Bunga Tinggi ke Bank
Menko Darmin Desak BUMN Tak Minta Bunga Tinggi ke Bank
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonoian Darmin Nasution mengingatkan agar deposan dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak meminta bunga deposito yang tinggi kepada perbankan sehingga bisa menurunkan suku bunga kredit. Menurutnya BUMN cenderung mengintervensi tingkat suku bunga karena mereka memiliki dana besar.

"Kementerian dan lembaga pemerintah cenderung mempunyai dana besar, dan bisa menekan untuk meminta bunga lebih tinggi. Hal ini yang pertama-tama harus disepakati, pemerintah jangan cari duit dari duit," ucap dia di kantornya, Jumat (19/2/2016).

Lebih lanjut dia menekankan BUMN seharusnya mencari uang dibidangnya saja dan tidak perlu mendorong tingkat bunga yang lebih tinggi. "Karena kalau minta special rate secara otomatis itu menaikkan cost of fund di perbankan," sambungnya.

Dia juga menambahkan ulah BUMN tersebut akan melahirkan tingkat bunga yang lebih tinggi jika dikombinasikan dengan bunga tabungan dan dan giro di perbankan. "Maka cost of fundnya nanti akan relatif tinggi. Dengan upaya internal pemerintah, tidak perlu peraturan. Tentu nanti akan ada referensinya dan itu tidak boleh dilewati. Dengan begitu otomatis cost of fundnya bisa turun," ungkapnya.

Menurutnya Otoritas Jasa Keuangan (OJK) akan punya peranan untuk mendorong supaya tingkat bunga swasta masih dalam batas kendali. Selain itu, akan didorong juga efisiensi di perbankan menyangkut overhead cost.

"Jadi tingkat bunga di swasta itu tidak jor-joran, istilahnya begitu. Selain itu overhead cost perbankan kita sekarang bergerak di kisaran 4%-an atau lebih. Itu perlu didorong lebih rendah sehingga hasil akhirnya tingkat bunga turun," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6517 seconds (0.1#10.140)