Wantimpres: Hadapi MEA, RI Diuntungkan Jumlah Populasi

Selasa, 01 Maret 2016 - 22:24 WIB
Wantimpres: Hadapi MEA,...
Wantimpres: Hadapi MEA, RI Diuntungkan Jumlah Populasi
A A A
DEPOK - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) Sri Adiningsih mengatakan, Indonesia diuntungkan dengan diberlakukannya Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) karena populasinya sangat besar.

Dia menjelaskan, dalam 20-30 tahun terakhir batas ekonomi tarif arus barang dihapus untuk meningkatkan arus perdagangan antar negara. Tujuanya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Menurutnya, batas ekonomi membuat arus barang keluar masuk saat ini ada batasnya, di antaranya tarif. Barang dari luar negeri ke Indonesia ada batasanya, tarif 25%.

"Dulu kalau kita menolak ekonomi suatu negara barang tak mudah masuk dari luar negeri ke Indonesia. Tetapi dalam 20-30 tahun terakhir, batas tadi dihilangkan tarif diturunkan. Atau tarifnya nol persen. Kapas, kedelai, kita masih impor," jelasnya di Pondok Pesantren Al Hikam milik Mantan Ketua PBNU KH Hasyim Muzadi di Depok, Selasa (1/3/2016).

Dia menambahkan, Indonesia diuntungkan dengan jumlah populasi yang besar dan jika ASEAN bersatu maka pasar akan semakin kuat. "Jepang, Tiongkok, Taiwan manfaatkan perdagangan internasional ekspor meningkatkan kesejahteraan. Populasi penduduk ASEAN 600 juta. Berkumpul jadi satu di MEA, ingin manfaatkan pasar dan penduduk yang besar tingkatkan kesejahteraan," tuturnya.

Namun, posisi perekonomian Indonesia berada di tengah negara ASEAN. Salah satunya terkait pendapatan perkapita masyarakat Indonesia. "Di ASEAN, Indonesia berada di tengah-tengah. Pendapatan per kapita orang di Indonesia di tengah-tengah. Paling makmur Singapura, Malaysia, dan Thailand," tandas Sri.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9761 seconds (0.1#10.140)