MNC Land Gandeng BUMN Korea Bangun Smart City di Lido

Jum'at, 11 Maret 2016 - 19:03 WIB
MNC Land Gandeng BUMN Korea Bangun Smart City di Lido
MNC Land Gandeng BUMN Korea Bangun Smart City di Lido
A A A
JAKARTA - PT MNC Land Tbk (KPIG) melalui anak usahanya PT Lido Nirwana Parahyangan (LNP) melakukan penandatanganan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) Korea Agency for Infrastructure Technology Advancement (KAIA) dan perjanjian konsultasi dengan PT Indako Finance& Development untuk mendukung pembangunan infrastruktur smart city di Lido, Bogor.

KAIA sendiri merupakan lembaga pemerintah Korea satu-satunya yang telah menghasilkan perkembangan teknologi smart city di lebih dari 160 proyek, dengan total investasi dari 900 miliar won. Indako juga merupakan sebuah perusahaan yang mewakili BUMN Korea.

Chief Executive Officer (CEO) MNC Group Hary Tanoesoedibjo mengemukakan, kerja sama antara KAIA dan MNC Land meliputi pembangunan smart infrastruktur di kompleks Lido dengan mengedepankan perpaduan inovasi, teknologi canggih dan keramahan lingkungan. KAIA nantinya akan membantu menyiapkan dan memastikan smart infrastructure di Lido tersebut dapat terlaksana.

"‎Baru saja terjadi penandatanganan kerja sama antara KAIA dan MNC, dan juga kerja sama antara Indaco dan MNC. Kerja sama tersebut meliputi pembangunan smart infrastruktur di kompleks Lido, satu kompleks yang dibangun MNC land. KAIA akan membantu menyiapkan dan mendesain serta memastikan smart infrastruktur tersebut terlaksana," katanya di Gedung MNC Tower, Jakarta, Jumat (11/3/2016).

Menurutnya, kerja sama ini menjadi kehormatan bagi MNC Group karena Korea dikenal sebagai negara yang sangat maju di bidang smart infrastructure. Diharapkan, kerja sama ini dapat berjalan dengan baik.

"‎‎Karena sudah waktunya Indonesia memikirkan hal yang advance dan maju dalam pembangunan infrastruktur. Apalagi proyek Lido diharapkan akan menjadi proyek unggulan dan kebanggaan nasional. Jadi harus memberikan yang terbaik," imbuh dia.

Ketua Umum Partai Perindo ini berharap, proyek ini dapat menjadi proyek smart infrastructure percontohan yang ada di Indonesia. KAIA sendiri baru pertama kali bekerja sama dengan perusahaan swasta di Tanah Air.

"Diharapkan ini dapat jadi proyek percontohan, dengan dibangun smart infrastructure di proyek Lido. Baru pertama kali datang ke Indonesia dan baru pertama kali menandatangani proyek kerja sama terkait teknologi infrastruktur. MNC adalah swasta yang pertama kali bekerja sama dengan KAIA‎," tandasnya.

Sementara itu, CEO KAIA Kim Byung-Soo mengungkapkan bahwa saat ini, smart city menjadi topik pembicaraan secara global. Karena itu, dengan teknologi smart city maka proyek Lido ini akan membangun resort, tempat persinggahan sekaligus kota kelas dunia yang ramah lingkungan.

"Dengan pengalaman pembangunan tersebut, pada proyek Lido kali ini melalui teknologi konsulting, kami akan berusaha melakukan yang terbaik demi menyukseskan representatif smart city Indonesia. Sekarang dan nanti, institusi smart city di Korea dapat menjadi penggerak untuk berpartisipasi dalam proyek yang berhubungan dengan pembangunan kota di Indonesia," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3661 seconds (0.1#10.140)