Operator Blok Masela Diminta Ikuti Arahan Soal Kilang Darat

Rabu, 23 Maret 2016 - 17:59 WIB
Operator Blok Masela Diminta Ikuti Arahan Soal Kilang Darat
Operator Blok Masela Diminta Ikuti Arahan Soal Kilang Darat
A A A
JAKARTA - Inpex Corporation yang merupakan salah satu existing operator Blok Masela disarankan mengikuti arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) setelah kilang darat diputuskan untuk pengembangan lapangan abadi di Maluku tersebut. Tenaga Ahli bidang Energi Kementerian Koordinator bidang Kemaritiman, Abdul Rahim menambahkan tenaga kerja Indonesia punya pengalaman membangun kilang darat.

"Dalam negeri punya banyak pengalaman kilang darat. Inpex mau tidak mau harus ngikut, kita tuan rumahnya. Mereka tuh tamu, jangan tamu mendikte tuan rumah," ujarnya di Jakarta, Rabu (23/3/2016).

(Baca Juga: Rizal Ramli Semringah Jokowi Pilih Kilang Darat untuk Blok Masela)

Dia menambahkan terdapat selisih yang cukup besar jika kilang tersebut dibangun di darat yakni mencapai Rp78 triliun, sehingga lebih menguntungkan dibandingkan kilang laut. Berdasarkan kajian Kemenko Maritim biaya pembagunan kilang darat (onshore) sekitar USD16 miliar.

Sedangkan jika dibangun kilang apung di laut (ofshore), biayanya mencapai USD22 miliar. Dengan demikian, kilang di darat USD6 miliar lebih murah dibandingkan dengan kilang di laut. "Selisih Rp78 triliun dengan di laut, untung banyak kita. Alhamdulillah (pakai kilang darat), tentu gembira sekali, sesuai dengan perhitungan Kemenko Maritim," katanya.

Lanjut dia pihaknya berusaha meyakinkan bahwa hitungan darat dapat dipertanggungjawabkan karena memiliki tenaga ahli yang menghabiskan puluhan tahun dalam bidang LNG. "Kita berusaha meyakinkan bahwa kita menghitung dengan benar. Kita punya ahli yang puluhan tahun hidupnya di LNG, pernah bangun kilang dan seterusnya," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4698 seconds (0.1#10.140)