Balikpapan Akan Punya Waduk Senilai Rp456 Miliar

Jum'at, 25 Maret 2016 - 13:28 WIB
Balikpapan Akan Punya Waduk Senilai Rp456 Miliar
Balikpapan Akan Punya Waduk Senilai Rp456 Miliar
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau proyek pembangunan Waduk Teritip di Balikpapan, Kalimantan Timur dan meminta agar sebelum musim hujan, proyek ini bisa segera selesai.

Jokowi menjelaskan, Waduk Teritip ini dibangun dari sinergi antara APBN Pusat dan APBD daerah, dari APBD sebesar Rp86 miliar kemudian dari APBN kira-kira Rp370 miliar, sehingga totalnya senilai Rp456 miliar.

"Ini memang duet-duet seperti ini penting agar pembangunan cepat selesai dan saya kira ini pembebasan lahan oleh pemkot dilakukan cepat sekali sehingga konstruksinya juga bisa dilakukan cepat," ujar Jokowi seperti dikutip dari laman Setkab, Sabtu (25/3/2016).

Dia berharap tahun depan Waduk Teritip sudah menjadi tampungan air baku bagi masyarakat di Balikpapan dan sekitarnya, yang kedua juga bisa untuk menghindari banjir dan untuk pariwisata.

Dirinya juga mengaku mendapatkan keluhan dari pemerintah daerah setempat adanya krisis kekurangan air, sehingga pembangunan waduk dapat membantu mengatasi masalah tersebut.

"Saya mendapat keluhan dari Pak Wali Kota bahwa di Balikpapan terjadi krisis kekurangan air dan kita ingin pembangunan Waduk Teritip ini bisa dipercepat, agar sebelum hujan tahun depan, musim depan itu datang, ini sudah selesai," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5689 seconds (0.1#10.140)