Kementerian ESDM Masih Godok Besaran Penurunan Harga BBM

Senin, 28 Maret 2016 - 11:43 WIB
Kementerian ESDM Masih Godok Besaran Penurunan Harga BBM
Kementerian ESDM Masih Godok Besaran Penurunan Harga BBM
A A A
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) telah memastikan akan menurunkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis premium dan solar untuk periode April 2016. Namun, hingga jelang akhir Maret 2016, keputusan penurunan harga BBM tidak kunjung dipublikasikan pemerintah.

Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM I GN Wiratmaja Puja mengemukakan bahwa saat ini pemerintah masih memperhitungkan sejumlah aspek dalam rangka menurunkan harga premium dan solar. Dipastikan, pada waktunya nanti akan segera disampaikan.

"Nanti ya kalau sudah siap akan disampaikan. Sabar ya. Soon (secepatnya)," katanya saat dikonfirmasi Sindonews di Jakarta, Senin (28/3/2016).

Sebelumnya, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said mengemukakan, keputusan penurunan harga BBM dipengaruhi oleh tiga faktor, yaitu harga minyak dunia, kurs rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (USD), dan mata rantai distribusi BBM. Saat ini, ketiga faktor tersebut mendukung adanya penurunan harga.

”Dalam satu dua hari akan disimpulkan, tidak sampai Rp1.000 (penurunan harga BBM). Tapi, kita ingin menjaga stabilitas jangan sampai menjelang Lebaran ketika harga naik signifikan, yang kasihan rakyat paling bawah,” ujarnya, dalam jumpa pers di Jakarta tengah pekan kemarin.

Sudirman mengatakan, pemerintah masih akan mematok harga BBM di atas harga keekonomian, untuk mengantisipasi apabila harga minyak dunia balik menguat dalam waktu dekat. Saat disinggung terkait posisi harga keekonomian BBM, baik jenis premium maupun solar, dia masih enggan mengungkapnya.

”Ada lah. Saya enggak mau bilang. Nanti salah lagi,” imbuhnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7650 seconds (0.1#10.140)