Perumahan Sederhana Murah Sasar Kawasan Banten

Minggu, 03 April 2016 - 11:34 WIB
Perumahan Sederhana...
Perumahan Sederhana Murah Sasar Kawasan Banten
A A A
JAKARTA - PT Vtri Bangun Dukuh Lestari meluncurkan perumahan sederhana, Ciujung Indah di kawasan Ciujung, Serang, Banten seluas 11 hektare yang rencananya akan dibangun 1.042 rumah dan 153 toko/tempat usaha.

"Kami membangun perumahan Ciujung Indah karena ingin ikut menyukseskan program pemerintah membangun satu juta rumah dan ingin membantu masyarakat untuk mendapatkan hunian yang layak, terjangkau, dan dekat dengan tempat kerja," ujar EkoTeng, Board of Management PT Vtri Bangun Dukuh Lestari.

Menurutnya, di kawasan tersebut PT Vtri Bangun Dukuh Lestari membidik masyarakat menengah bawah karena banyak berdiri pabrik berskala besar, sedang, dan kecil serta kawasan bisnis Cikande dan sekitar Balaraja termasuk Tangerang dan Cilegon.

"Potensi kebutuhan perumahan yang bisa dibeli dengan menggunakan Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dari pemerintah sangat besar dilihat dari banyaknya karyawan dan masyarakat yang belum memiliki rumah," ujar EkoTeng.

Dia menuturkan, tipe rumah yang dipasarkan di perumahan Ciujung Indah berdimensi luas bangunan (LB) 30 m2 dan luas tanah (LT) 60 m2 sementara tempat usaha atau toko luas berdimensi (LB) 27 m2 dan (LT) 30 m2. Harganya mulai dari Rp90 juta.

"Kami menawarkan rumah dengan harga yang sangat terjangkau. Jika menggunakan KPR FLPP, cicilannya ringan, yakni hanya Rp25.000 per hari. Down payment (DP) hanya 1% sampai 5% serta suku bunga bank fixed 5% sampai tenor 20 tahun," katanya.

Perumahan Ciujung Indah ditargetkan selesai dalam waktu setahun dan pembangunan ditargetkan selesai dalam waktu 18 bulan dari launching. Hunian yang dikembangkan di Ciujug Indah lokasinya dekat dari gerbang tol Ciujung, dan pusat kota pemerintahan Serang, dan terletak di pinggir jalan yang sudah ramai dan mudah dilalui oleh kendaraan.

Wakil Bupati Kabupaten Serang, Banten, Pandji Tirtayasa mengatakan, kawasan Serang Timur akan terus didorong menjadi kawasan industri sehingga kebutuhan rumah bagi para pekerja sangat tinggi. Sementara, pasokan belum memadai. Saat ini di kawasan Serang Timur baru ada 12 perumahan.

"Pekerja di pabrik besar yang memiliki rumah baru 30% sehingga kebutuhan rumah sangat tinggi," ujar Pandji.

Untuk mendorong pembangunan rumah murah dan mendukung program pembangunan Sejuta Rumah, Pemerintah Kabupaten Serang, kata Pandji, akan semakin memberikan kemudahan, terutama di perizinan.
"Perizinan yang tidak perlu dan bisa menghambat kami hilangkan," ujar Pandji.

Sementara, untuk mendorong pertumbuhan kawasan industri, Pemda akan terus memperbaiki infrastruktur sehingga aksesibilitas menjadi mudah dan cepat. Selain membangun dan mengembangkan perumahan FLPP dan perumahan Real Estate, ke depan PT Vtri Bangun Dukuh Lestari akan mengembangkan perumahan di kawasan Serang dan Cilegon di atas lahan seluas 100 hektare.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8363 seconds (0.1#10.140)