Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Siap Tampung Pemudik

Kamis, 28 April 2016 - 20:45 WIB
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Siap Tampung Pemudik
Terminal 3 Ultimate Bandara Soekarno-Hatta Siap Tampung Pemudik
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (persero) atau AP II menyatakan siap menampung pemudik pada Lebaran 2016 dengan memanfaatkan Terminal 3 Ultimate Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Di mana terminal megah ini akan mulai beroperasi (soft operation) pada Mei 2016.

Direktur Utama PT AP II, Budi Karya Sumadi mengatakan, peningkatan lebaran seperti tahun-tahun sebelumnya bisa diprediksi atau mengalami peningkatan dengan presentase 5-10%. Beroperasinya Terminal III Ultimate Bandara Soekarno-Hatta, diharapkan arus mudik bisa berjalan lancar.

"Kalau dari sisi daya tampung saya kira kami tidak khawatir. Karena kami melihat tingkat okupansi pesawat juga belum maksimal atau masih ada ruang," ujarnya.

Dia menjelaskan, saat ini pihaknya terus menggenjot pelayanan di Bandara Internasional Soekarno-Hatta melalui termainal 1, 2 dan 3. "Berbagai layanan kami tingkatkan yang sebelumnya kami lakukan secara bertahap di terminal I dan II. menyusul, dengan soft operation Terminal 3 kami berharap semua penumpang bisa terlayani dengan baik," terangnya.

Saat ini, pengerjaan proyek pembangunan sudah mencapai presentase fisik 97%. Hal baru dari Terminal 3 Ultimate adalah baggage handling system atau sistem penanganan bagasi otomatis. Sistem ini terletak di dekat pintu masuk terminal.

1

Setibanya penumpang di dalam terminal bisa langsung mengurus barangnya masuk ke bagasi. Penempatan layanan bagasi dikerjakan secara komputerisasi dengan menggunakan barcode yang ada di barang penumpang sehingga tidak lagi memerlukan tenaga porter.

Terminal 3 Ultimate sendiri ditargetkan bisa selesai dalam dua tahap. Untuk tahap pertama soft operation pada Mei dan full operation pada Maret 2017. Adapun, tahap pertama Terminal 3 ultimate ditargetkan bisa menampung 15 juta penumpang. Kemudian tahap II, terminal ini bisa menampung 10 juta penumpang sehingga total penumpang yang bisa ditampung mencapai 25 juta pada 2017.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3512 seconds (0.1#10.140)