Pelabuhan Patimban Dinilai Pengusaha Cocok Gantikan Tanjung Priok

Selasa, 03 Mei 2016 - 20:02 WIB
Pelabuhan Patimban Dinilai Pengusaha Cocok Gantikan Tanjung Priok
Pelabuhan Patimban Dinilai Pengusaha Cocok Gantikan Tanjung Priok
A A A
JAKARTA - Pengusaha yang tergabung dalam Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) menilai Pelabuhan Patimban di Kabupaten Subang, Jawa Barat sangat cocok untuk menggantikan Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta sebagai pelabuhan ekspor-impor berkelas internasional. Pasalnya, Tanjung Priok kini sudah tidak bisa dikembangkan dan lalu lintasnya sudah semakin semrawut.

Ketua Umum ALI Zaldy Ilham Masita mengungkapkan, Pelabuhan Patimban cocok menggantikan Tanjung Priok juga karena lokasinya sangat berdekatan dengan kawasan industri di Jawa Barat dan Jawa Tengah. Dengan begitu, ongkos logistik di Tanah Air pun akan semakin murah dan kompetitif.

"Biaya logistik juga akan lebih murah. Tanjung Priok seharusnya tidak dikembangkan lagi karena memang sudah tidak cocok menjadi pelabuhan internasional," katanya saat dihubungi Sindonews di Jakarta, Selasa (3/5/2016).

(Baca Juga: Dihentikan JK, Jokowi Geser Pelabuhan Cilamaya ke Patimban)

Menurutnya, Tanjung Priok sudah tidak cocok dijadikan pelabuhan ekspor-impor karena lalu lintasnya yang sudah padat dan akses jalannya terbatas. Apalagi, 85% pemakai jasa di Tanjung Priok berasal dari luar DKI Jakarta.

"Tanjung Priok semrawut karena akses jalannya terbatas. Makanya sudah tidak cocok menjadi pelabuhan internasional. Apalagi 85% pemakai jasanya berasal dari luar ibu kota," imbuh dia.

(Baca Juga: Pelabuhan Patimban Bakal Disulap Jadi Sekelas Tanjung Priok)

Dia menyarankan, Pelabuhan Tanjung Priok untuk dialihfungsikan menjadi pelabuhan domestik dan tempat bersandar kapal pesiar. Sementara kegiatan ekspor dan impor, dialihkan ke Pelabuhan Patimban.

"Lebih baik Tanjung Priok diubah menjadi pelabuhan domestik dan kapal pesiar saja.? Kita sangat mengharapkan pelabuhan Patimban direalisasikan secepatnya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5718 seconds (0.1#10.140)