Menhub Jonan Pionir Modernisasi Kereta Api Indonesia

Jum'at, 20 Mei 2016 - 19:11 WIB
Menhub Jonan Pionir Modernisasi Kereta Api Indonesia
Menhub Jonan Pionir Modernisasi Kereta Api Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan mengaku menjadi pionir dalam modernisasi PT Kereta Api Indonesia (KAI) ketika menjadi direktur utama. Pada saat itu, dia melihat belum ada unit informasi dan teknologi (IT).

Jonan menuturkan, dia langsung mencari sumber daya manusia yang bisa mengurus bidang teknologi. Kemudian terplilihlah Muhammad Kuncoro Wibowo selaku direktur personalia, umum dan IT KAI.

"Saya pikir begini, waktu saya ditugaskan di kereta api tujuh tahun lalu, unit sendiri yang urus IT enggak ada. Bikin saya hire Pak Kuncoro Wibowo, saya bilang kalau mau sama saya kita bangun (KAI)," ujarnya di Jakarta, Jumat (20/5/2016).

Saat itu, kata dia, Kuncoro langsung menegosiasi jumlah gaji yang didapatkan untuk modernisasi sistem layanan kereta api. Jonan agak sedikit melempar lelucon soal hal tersebut.

"Modernisasi sistem layanan di perkeretapian lalu pengoperasian, Pak Kuncoro bilang gajinya berapa ya Pak? Saya bilang begini, ini kamu sekolah di mana? Dia bilang di ITS, kalau kamu sekolah di ITS sadar enggak sebagian uang sekolahmu dibiayai rakyat? Kamu harus balikin ke rakyat, akhirnya gitu saja ha ha ha," tutur Jonan.

Adanya modernisasi itu, lanjut Jonan, dirinya bisa mengetahui seluruh sistem pengoperasian kereta. Berapa kecepatannya, sampai di titik mana hingga jalur dapat terkendali.

"Sistem pengoperasian juga jalan sebelum tinggalkan kereta api, kereta kecepatan berapa, di titik mana, sistem kendali juga tahu, pelayanan e-ticketing pakai apa, aplikasi juga," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7377 seconds (0.1#10.140)