JK Minta Koperasi dan Bank Topang Sektor Pertanian

Senin, 23 Mei 2016 - 15:25 WIB
JK Minta Koperasi dan Bank Topang Sektor Pertanian
JK Minta Koperasi dan Bank Topang Sektor Pertanian
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) meminta agar peran Koperasi Unit Desa (KUD) sebagai penyedia kebutuhan masyarakat, yang berkaitan dengan kegiatan pertanian dapat dihidupkan kembali. Menurutnya, tidak semua warisan masa lalu jelek dan tidak berguna lagi.

(Baca Juga: Skema Inovasi Rantai Nilai Kerek Produktivitas 445.000 Petani)

Dia menjelaskan, peran lembaga seperti KUD dapat dihidupkan kembali dengan metode baru yang lebih modern. Peran pemerintah daerah (pemda) dalam hal pertanian juga diminta digerakkan kembali.

"Karena tidak semua warisan jaman dulu itu jelek. Kita gerakkan unsur pemda sampai ke bawah, yang penting kita harus menggerakkan lagi pengusaha dan bank," katanya di Balai Kartini, Jakarta, Senin (23/5/2016).

(Baca Juga: Sektor Pertanian RI Dinilai Masih Kesulitan Modal)

Menurutnya, peran perbankan untuk meningkatkan kesejahteraan sektor pertanian juga harus ditingkatkan. Namun dengan catatan, tidak membuat aturan yang justru mendiskriminasikan masyarakat petani.

"Saya bangga kepada bank yang untung, tetapi tidak bangga kepada bank yang untung dengan rakyat kecil. Ini yang menjadi bagian dari semangat kita. Negara yang besar hanyalah bisa besar apabila rakyat kecilnya menikmati segala hasil upayanya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8179 seconds (0.1#10.140)