KEIN Kolaborasi dengan JETRO Perkaya Peta Industrialisasi

Rabu, 01 Juni 2016 - 15:53 WIB
KEIN Kolaborasi dengan...
KEIN Kolaborasi dengan JETRO Perkaya Peta Industrialisasi
A A A
JAKARTA - Pertemuan Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) dengan Japan External Trade Organization (JETRO) di Jepang menghasilkan komitmen kerja sama di antara kedua belah pihak.

Ketua KEIN Soetrisno Bachir mengatakan, KEIN akan belajar dari kisah sukses industrialisasi di Jepang dalam menyusun dokumen Peta Industrialisasi Indonesia' yang merupakan salah satu amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi) kepada lembaga yang dipimpinnya ini.

"Industrialisasi adalah kunci untuk memberdayakan perekonomian rakyat. Memang ada berbagai pilihan tentang kemana KEIN harus belajar tentang industri, tapi kita percaya salah satu jawabannya ada di Jepang," kata dia dalam rilisnya, Rabu (1/6/2016).

Selain itu, akan ada berbagai kolaborasi strategis lain yang siap diinisiasi KEIN dan JETRO. Di awal, area yang akan menjadi fokus adalah industri pengolahan makanan, industri herbal yang bersifat kesehatan dan industri kreatif berbasis kekayaan budaya.

Khusus untuk industri pengolahan makanan, JETRO menyatakan kesiapan untuk membantu proses sertifikasi makanan halal untuk komoditas makanan Jepang, termasuk yang akan diekspor.

Hal ini menjadi semakin penting karena pada 2020 Jepang akan menjadi tuan rumah bagi negara-negara muslim dunia yang akan hadir beserta negara peserta lain untuk mengikuti olimpiade musim panas.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1618 seconds (0.1#10.140)