Ini Target Kemenhub di Musim Mudik Idul Fitri 2016

Sabtu, 04 Juni 2016 - 20:17 WIB
Ini Target Kemenhub di Musim Mudik Idul Fitri 2016
Ini Target Kemenhub di Musim Mudik Idul Fitri 2016
A A A
BOGOR - Pemerintah menargetkan angkutan Idul Fitri tahun ini berjalan lancar atau berada dalam kondisi zero accident. Menteri Perhubungan Ignasius Jonan, mengatakan, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan di lapangan jauh sebelum musim mudik tiba.

"Salah satunya ialah rampcheck. Saya tegaskan bahwa rampcheck tidak boleh hanya mengambil sampling namun harus diuji semua sarana angkutannya baik di darat, laut, udara maupun perkeretaapian," kata dia usai berbicara dalam Rapim PT Pelni, di Bogor, Sabtu (4/6/2016).

Menurut Jonan, target zero accident pada musim angkutan Idul Fitri tahun ini menjadi penting. Sebab, dari tahun ke tahun tren angka kecelakaan juga menurun. Meski begitu, khusus untuk angkutan darat, Menteri Jonan menegaskan, telah berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat melakukan pengawasan terhadap bus-bus angkutan darat.

"Saya sudah kirim surat kepada sejumlah Gubernur di Jawa untuk tidak mengubah trayek bus. Dari bus angkutan kota dalam provinsi tidak boleh dioperasikan menjadi bus antar kota antar provinsi," ujarnya.

Dia menegaskan, kejadian tahun lalu yang melibatkan kecelakaan bus milik perusahaan otobus (PO) Rukun Sayur pada musim mudik akibat kurangnya pengawasan. "Saya tegur Kepala Dinas Perhubungannya untuk tidak lagi melakukan hal serupa. Tidak boleh bus antarkota dalam provinsi diubahfungsi menjadi bus antarkota antarprovinsi (AKAP)," pungkas dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9418 seconds (0.1#10.140)