Subsidi Solar Dicabut, Menteri ESDM Bantah Bakal Naikkan Harga

Selasa, 14 Juni 2016 - 13:55 WIB
Subsidi Solar Dicabut, Menteri ESDM Bantah Bakal Naikkan Harga
Subsidi Solar Dicabut, Menteri ESDM Bantah Bakal Naikkan Harga
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Sudirman Said membantah bahwa pencabutan subsidi solar dalam usulan Rancangan Anggaran Penerimaan dan Belanja Negara Perubahan (APBNP) 2016, karena pemerintah ingin menaikkan harga solar dikemudian hari. Seperti diketahui total anggaran subsidi solar dan elpiji isi 3 kilogram bakal dipotong Rp23,05 triliun menjadi Rp40,64 triliun.

Pemotongan yang semula alokasi subsidi solar dan elpiji senilai total Rp63,69 triliun, diyakini konsekuensinya akan membuat harga solar akan naik. Ini adalah buntut pemotongan subsidi solar dari Rp1000 per liter menjadi Rp350 per liter. Namun Menteri ESDM menegaskan pemerintah tidak akan menaikkan harga, meski subsidi dikurangi.

Sudirman juga memastikan bahwa dalam beberapa bulan ke depan, dengan adanya pencabutan subsidi ini, harga solar tidak perlu naik dan menimbulkan gejolak. "Kalau dikatakan subsidi dicabut atau dikurangi terus harga solar di pasaran kita naikkan, itu tidak benar," tegasnya di Jakarta, Selasa (14/6/2016).

(Baca Juga: Subsidi Solar Dipangkas, Siap-siap Inflasi Naik)

Dia berharap dengan adanya pencabutan subsidi ini, harga minyak dunia mendukung dengan tidak adanya kenaikan hingga akhir tahun agar harga solar di dalam negeri tidak perlu terkena fluktuasi. "Kenapa diusulkan Rp650 (besaran pencabutan subisidi), karena level itu yang memungkinkan harga solar dalam bulan-bulan kedepan tidak perlu naik," lanjut dia.

"Itu kan sesuatu yang tidak bisa kita kontrol (harga minyak dunia). Kita ada kalkulasi, prediksinya mudah-mudahan menuju akhir tahun tidak ada kenaikan harga," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5491 seconds (0.1#10.140)