BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II Capai 5%

Kamis, 16 Juni 2016 - 21:34 WIB
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II Capai 5%
BI Prediksi Pertumbuhan Ekonomi Triwulan II Capai 5%
A A A
JAKARTA - Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI), Tirta Segara mengatakan, kondisi ekonomi domestik pada triwulan II 2016 diperkirakan membaik meski tidak sekuat perkiraan sebelumnya. Tirta sendiri mengatakan, kemungkinan angkanya akan berada di kisaran 4,9%-5%.

BI memantau, kondisi di sektor konsumsi rumah tangga diperkirakan meningkat. Hal ini sejalan dengan peningkatan penjualan eceran menjelang Hari Raya Idul Fitri, yang antara lain ditopang oleh rencana pembayaran tunjangan hari raya.

"Pertumbuhan ekonomi kita di triwulan II diperkirakan berada di antara 4,9%-5,00%. Kalaupun lebih dari 5%, itu sedikit melampui. Hanya sedikit," kata dia di gedung BI Jakarta, Kamis (16/6/2016).

Tirta melanjutkan, ditengah-dtengah belanja modal pemerintah yang terus meningkat, pertumbuhan investasi khususnya di sektor non bangunan, diperkirakan belum menunjukkan perbaikan yang signifikan.

"Pemerintah masih terus mengoptimalkan belanja untuk sektor-sektor yang prioritas," kata dia. (Baca: BI: Pemulihan Ekonomi Dunia Belum Merata)

Sedangkan dari sisi eksternal, ekspor diperkirakan masih tumbuh terbatas, kendati ekspor beberapa komoditas mulai mengalami peningkatan. Bank Indonesia, lanjut Tirta, memandang berbagai langkah masih diperlukan untuk meningkatkan permintaan domestik guna terus memperkuat momentum pertumbuhan ekonomi.

"Dengan perkembangan tersebut, pertumbuhan ekonomi untuk keseluruhan 2016 diperkirakan masih berada pada kisaran 5,0-5,4% (yoy)," tutupnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6471 seconds (0.1#10.140)