KAHMI Bentuk Tim Reformasi Tata Kelola Energi

Jum'at, 17 Juni 2016 - 15:45 WIB
KAHMI Bentuk Tim Reformasi Tata Kelola Energi
KAHMI Bentuk Tim Reformasi Tata Kelola Energi
A A A
JAKARTA - Majelis Nasional Korps Alumni Himpunan Mahasiswa Islam (KAHMI) membentuk Tim Reformasi Tata Kelola Energi. Pembentukan tim ini bertujuan untuk tercapainya kedaulatan energi nasional.

“Tim akan bekerja optimal memberikan sumbangsih bagi negara dalam mencapai kedaulatan energi sesuai amanat Pasal 33 UUD 45,” ujar Ketua Tim Reformasi Tata Kelola Energi KAHMI, Laode Masihu Kamaluddin di Jakarta, Jumat (17/6/2016).

Menurutnya, saat ini, Indonesia dihadapkan pada tantangan mengurangi energi fosil dan meningkatkan energi baru terbarukan (EBT). Porsi bauran energi energi pada 2025 yang ditargetkan sebesar 23% untuk EBT, minyak bumi 25%, batu bara 30%, dan gas bumi 22% memerlukan upaya optimal.

“Tim Reformasi Tata Kelola Migas yang dibentuk Menteri ESDM Sudirman Said, lanjutnya, memang sudah berhasil dengan pembubaran Petral dan berganti Integrated Suppy Chain (ISC) PT Pertamina. Namun, kami berpandangan langkah tersebut belum optimal menuju kedaulatan energi,” katanya.

Saat ini, KAHMI melihat masih terjadi perilaku pemburu rente (rent seeker behavior), penumpang gelap (free rider), dan pihak yang diuntungkan (rent seizing) dalam pembuatan regulasi.

“Sebab itu tujuan pembentukan tim tersebut akan mendukung penuh dalam rangka memberantas pemburu rente di sektor energi,” tandas Laode Masihu.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3522 seconds (0.1#10.140)