JK: BRIsat Bantu Telekomunikasi RI

Minggu, 19 Juni 2016 - 07:25 WIB
JK: BRIsat Bantu Telekomunikasi RI
JK: BRIsat Bantu Telekomunikasi RI
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) RI Jusuf Kalla (JK) mengatakan, Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Keberadaan alat penunjang seperti satelit komunikasi BRIsat sangat membantu telekomunikasi di Tanah Air.

"Kita sebagai negara kepulauan sangat penting telekomunikasi baik di darat, laut, maupun udara. Ini (peluncuran BRIsat) salah satu hal yang membantu dari sisi kecepatan, kualitas dan harga," ujarnya di Gedung Bank BRI, Jakarta, Minggu (19/6/2016).

Meski peluncuran sempat tertunda, kata JK, hal ini merupakan wajar. Sebab, meluncurkan satelit harus dengan perhitungan matang dan akurat.

"Satelit adalah teknologi tinggi. Sehingga harus hati-hati, masalah-masalah teknis seperti cuaca dengan perhitungan zero tolerance, tidak boleh ada toleransi sekecil apapun. Hampir semua peluncuran satelit seperti ini," katanya.

Terkait penggunaan empat transponder yang akan diberikan kepada pemerintah, JK mengatakan, belum ada penentuan langkah yang akan dilakukan. Kendati demikian, dia optimistis BRIsat dapat menyeimbangkan pertumbuhan ekonomi di kota dan daerah karena pelayanan yang sama.

"Ya pemerintah juga punya banyak kegiatan di pemerintahan daerah, di militer atau apapun juga bisnis. Yang pasti meningkatkan perekonomian setidaknya menyeimbangkan pembangunan pusat dan daerah," pungkasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3165 seconds (0.1#10.140)