Jonan Minta Polantas Bantu Pemudik Motor

Senin, 20 Juni 2016 - 18:01 WIB
Jonan Minta Polantas...
Jonan Minta Polantas Bantu Pemudik Motor
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan mengimbau untuk para pemudik yang menggunakan motor untuk tidak terburu-buru di jalan agar cepat sampai. Aspek keamanan tetap harus diperhatikan.

Memang, Jonan tak memungkiri animo masyarakat Indonesia yang ingin mudik naik sepeda motor sagat tinggi. Ini terbukti dengan prediksi Kementerian Perhubungan yang meningkat 50% dibanding tahun lalu.

"Tidak usah mengejar waktu. Jangan buru-buru. Berangkat malam, terus subuh maunya sampai Kebumen. Kan capek. Kalau capek nanti malah celaka‎," kata Jonan di Komisi V, DPR RI Jakarta, Senin (20/6/2016).

Jonan mengatakan, dari Kemenhub sendiri sangat meminta bantuan kepada polisi lalu lintas untuk mengamankan para pemudik dengan menggunakan sepeda motor ini.

"Mereka itu nanti beban penugasannya tinggi. Karena yang tidak bisa diantisipasi itu biasanya adalah angkutan pribadi," ujarnya. (Baca: Jonan Pastikan Mudik Tahun Ini Aman)

Untuk pertumbuhan angkutan pribadi roda empat atau lebih, Jonan memperkirakan akan tumbuh sekira 4,5% tahun ini dibanding tahun sebelumnya. Biasanya, memang tiap tahun, lonjakan untuk kendaraan pribadi roda empat atau lebih rata-rata sejumlah tersebut.

"Estimasinya kalau kendaraan roda empat naiknya tidak banyak, mungkin sampai 4,5% dibanding tahun lalu. Ini memang setiap tahun ada peningkatan sejumlah itu," tutup dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0757 seconds (0.1#10.140)