Lima Pesawat Ini Sempat Rusak Berat Jelang Mudik Lebaran

Rabu, 22 Juni 2016 - 16:14 WIB
Lima Pesawat Ini Sempat Rusak Berat Jelang Mudik Lebaran
Lima Pesawat Ini Sempat Rusak Berat Jelang Mudik Lebaran
A A A
JAKARTA - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengungkapkan, keseluruhan armada dari semua maskapai sudah aman digunakan untuk periode Lebaran tahun ini. Namun, lima pesawat sempat rusak berat sebelum siap mengantar masyarakat mudik.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Suprasetyo mengatakan, lima pesawat yang rusak berat berasal dari maskapai berbeda. Di antaranya Air Asia dan Lion Air.

"Lima pesawat rusak berat yang sudah diperbaiki termasuk Express Air, Air Asia, Sriwijaya Air, Lion Air, dan Indonesia Air Transport (IAT)," ujarnya di Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Rabu (22/6/2016).

Kategori maskapai sudah masuk kerusakan berat, kata dia, yakni suhu mesin dan Air Conditioner (AC) terbilang panas. Selain itu, navigasi juga mengalami masalah.

"Kerusakan besar yang major dari lima pesawat posisinya sudah diperbaiki dan bisa dioperasikan. Seperti, mesin sudah panas, AC panas, navigasinya ada yang rusak, jadi sudah diperbaiki," katanya.

Tak hanya memeriksa si burung besi, lanjut Suprasetyo, Kemenhub memastikan semua crew dalam kondisi prima. Bahkan, dilakukan tes narkoba secara keseluruhan.

"Air crew sudah diperiksa, tidak ada narkoba di Bandar Udara, pada 24 kemarin pemeriksaan tahap pertama. Tahap kedua juga akan diperiksa, tidak acak, semua crew kita periksa," pungkasnya.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9752 seconds (0.1#10.140)