OJK: Investor Indonesia Sudah Teredukasi Hadapi Brexit

Jum'at, 24 Juni 2016 - 23:20 WIB
OJK: Investor Indonesia Sudah Teredukasi Hadapi Brexit
OJK: Investor Indonesia Sudah Teredukasi Hadapi Brexit
A A A
JAKARTA - Kepala Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Nurhaida mengatakan fenomena Brexit yang saat ini terjadi di Uni Eropa, tidak terlalu berdampak ke Indonesia. Ia mengatakan, ini terbukti dari investor Indonesia yang lebih siap dan teredukasi dengan keluarnya Inggris dari Uni Eropa.

Nurhaida mengatakan, indeks di pasar modal memang menurun di sesi pertama namun untuk selanjutnya atau sesi kedua, indeks membaik.

"Di sesi pertama ditutup posisi turun dan itu terjadi di semua negara. Semua indeks di negara maju juga turun semua. Di sesi pertama turun lebih 2%. Tapi kemudian investor mulai melihat, itu sifatnya sementara, mereka sudah teredukasi lah. Di sesi kedua hanya turun 0,82%," kata dia saat buka puasa bersama dengan MNC Group di Jakarta, Jumat (24/6/2016)

Dia mengatakan, memang secara formal, Inggris sudah memutuskan keluar dari Uni Eropa meski sampai saat ini, mereka masih melakukan quick count dan itu berpengaruh ke sebagian besar mitra dagang Inggris. (Baca: Agus Marto Yakin Dampak Brexit ke Rupiah Hanya Sementara)

"Belum resmi, tapi secara garis besar kita tahu bahwa sebagian besar masyarakat Inggris memilih untuk keluar dari Uni Eropa," kata dia.

Meski demikian, Nurhaida mengatakan, kejadian ini tak akan membawa dampak buruk untuk Indonesia dan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), karena ini sifatnya sementara saja.

"Terbukti tadi indeks kita masih aman. Bisa kembali normal dan turunnya di sesi kedua tidak banyak," pungkasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7858 seconds (0.1#10.140)