PLN Bagikan 35.000 Paket Sembako

Rabu, 29 Juni 2016 - 22:01 WIB
PLN Bagikan 35.000 Paket Sembako
PLN Bagikan 35.000 Paket Sembako
A A A
YOGYAKARTA - PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN kembali menunjukkan kepedulian mereka terhadap masyarakat kurang beruntung. Pada Ramadhan tahun ini, PLN membagikan 35.000 paket sembako kepada kaum dhuafa di seluruh Indonesia. Selain itu, perusahaan juga mengadakan program mudik gratis.

Direktur Keuangan PLN Sarwono Sudarto mengemukakan, kegiatan sosial ini merupakan bentuk kepedulian seluruh insan PLN terhadap sesama. PLN mencoba berbagi kebahagiaan dengan memberikan sembako kepada masyarakat yang membutuhkan. Sebanyak 35.000 paket sembako ini disebar hingga ke pelosok daerah. Semangat yang diusung juga sama, yaitu meratakan layanan PLN di semua daerah.

"Tak hanya di kota besar, paket ini juga sampai ke pelosok daerah. Sama dengan tekad kami mengalirkan listrik ke pelosok negeri," ujarnya.

Sarwono mengatakan, seluruh paket sembako ini berasal dari dana zakat para pegawai Muslim PLN se-Indonesia. Selama ini gaji karyawan PLN seluruh Indonesia secara otomatis melalui automatic payroll system atau secara terpusat. Keputusan memotong sebagian gaji mereka diperkuat dengan kebijakan direksi. Seluruh karyawan PLN telah sepakat gaji mereka dipoto.g 2,5% untuk zakat.

Dia menerangkan pembagian sembako ini juga terkait dengan Program 35.000 MW. Semangat tersebut mereka wujudkan dengan membagikan juga sebanyak 35.000 paket sembako. Hal tersebut merupakan spirit dan mohon dukungannya untuk masyarakat Indonesia. PLN bertekad akan melistriki wilayah-wilayah terpencil sehingga terwujud rasio elektrifikasi mencapai 97% di 2019.

Kegiatan yang diinisiasi oleh Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shodaqoh (LAZIS) PLN dan PLN Peduli ini dimulai Selasa (28/6). Sebanyak 17.000 paket sembako dibagikan kepada masyarakat dhuafa di 15 wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek). 3.000 paket telah dibagikan pada saat acara kunjungan Presiden Joko Widodo di Lontar, Lombok, dan Bali (10-11/6) untuk masyarakat sekitar proyek pembangkit listrik.

"Dan 15.000 paket yang dibagikan oleh seluruh unit Lazis PLN, di mana total keseluruhan paket sembako yang dibagikan mencapai 35.000 paket sembako," ujarnya, bersama Komisaris Utama PLN Hasan Bisri di Masjid Baitul Muttaqin, Jakarta Timur.

Adapun 17.000 paket sembako yang dibagikan masing-masing berisi 5 kilogram (kg) beras, 1 liter minyak goreng, 1 kg gula pasir, 1 botol kecap manis, setengah dus mie instan, 1 botol sirup dan 1 kaleng biskuit dengan harga rata-rata sembako adalah Rp 250.000 per paket ditambah uang tunai Rp. 50.000 per orang. Harapannya, masyarakat kaum dhuafa juga bisa merasakan kebahagiaan menyambut lebaran kali ini.

Kepala Satuan Komunikasi Korporat, I Made Suprateka mengatakan, acara pembagian ini juga serentak dilakukan di 15 lokasi lain. Di antaranya Masjid Assobhirin SMKN 2 Teluk Naga – Jl Raya Mauk KM 12 Sepatan, Tangerang, Masjid Jamei Al Iktifa – Kp. Babat, Ciracab, Legok, Masjid Al Hijrah – Jl Rusun Marunda Cluster B, Cilincing, Jakarta Utara dan asjid At Taqwa – Jl Kapuk Muara, Penjaringan, Jakarta Utara.

Selain itu, juga dilaksanakan di Masjid An Ni’mah – Jl RS Fatmawati, Pondok LBI, Cilandak, Jakarta Selatan,Masjid Nurul Amal – Jl Fajar Baru Selatan, Cengkareng Timur, Jakarta Barat, Masjid Baitul Muttaqin – Jl. Raya Bogor, Jakarta Timur, Masjid Darut Taqwa – Jl Amansandi Muara, Bogor Barat, Masjid Al Ariyah – Jl Raya Leuwiliang, Cubungbulang KM 17, Bogor serta masjid Mas Agung Walisongo – Jl Raya Kadumanggu Sentul, Babakan Madang, Bogor.

"Kami juga selenggarakan di Masjid Al Muhajirin – Jl Nusantara Raya No. 313, Depok, Masjid At Taqwa – Jl. H. Hanafi, Bojong Sari, Depok, Masjid Al Ittihad – Jl Raya Bantar Gebang, Bekasi. Tak hanya itu di Masjid Islamic Centre – Jl Ahmad Yani No 22, Bekasi dan Masjid Al Ghodfan Thariq Bin Zihad – Gerbang Utama Gading Terrace Mutiara, Bekasi juga kami selenggarakan hal yang sama," terangnya.

Kegiatan ini juga merupakan rangkaian dari Gema Ramadhan 1437 H di lingkungan PLN yang juga diikuti dengan pembagian 100.000 kurma Ta'jil Ramadhan, serta tebar 1.000 Quran dan perlengkapan sholat, seperti Sajadah, Sarung, dan Mukena ke 15 masjid. Bersamaan dengan kegiatan ini pula PLN melaksanaan buka puasa bersama dan pemberian santunan dengan lebih dari 10.000 anak yatim dan dhuafa seluruh Indonesia.

PLN juga menyelenggarakan pasar murah sembako sebanyak 12.000 paket di 24 kabupaten/kota (24/6). Di akhir ramadhan nanti, PLN mengadakan Program Mudik Bareng Gratis bagi keluarga dhuafa dan tenaga alih daya. Program ini akan memberangkatkan 1.200 orang dengan menggunakan 30 bus menuju kota-kota di Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.
(dmd)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0880 seconds (10.101#12.26)