Konsumsi BBM Naik 7-9%

Minggu, 10 Juli 2016 - 06:37 WIB
Konsumsi BBM Naik 7-9%
Konsumsi BBM Naik 7-9%
A A A
JAKARTA - Hingga H+3 Lebaran, penyaluran bahan bakar minyak (BBM) dan bahan bakar khusus (BBK) di wilayah operasional Pertamina MOR IV Jawa Bagian Tengah (JBT) dan DIY terus mengalami kenaikan. Peningkatan tersebut seiring dengan bertambahnya jumlah kendaraan yang melintasi wilayah Jawa Tengah dan DIY pada arus balik Lebaran.

Area Manager Communication & Relations JBT, Suyanto mengatakan, berdasarkan data harian yang diperoleh Tim Satgas MOR IV JBT pada 9 Juli 2016, penyaluran BBM jenis premium mencapai 12.4815 kiloliter (KL) atau setara dengan 138% dari rata-rata harian normal. Jumlah tersebut menunjukkan peningkatan dibanding hari sebelumnya."Kalau jumlah segitu berarti meningkat sekitar 7% dari hari sebelumnya," ujarnya.

Sementara untuk solar, Pertamina mencatat konsumsi pada Sabtu (9/7/2016) sekitar 2.032 KL. Jumlah tersebut sebenarnya setara dengan 42% dari rata-rata harian normal. Sementara konsumsi solar jauh lebih banyak sekitar sekitar 9% dari hari sebelumnya. Peningkatan konsumsi solar tersebut tak begitu signifikan karena angkutan barang belum diperbolehkan melintas.

Sementara itu, Pertamina mengaku senang sebab BBK seperti pertalite dan pertamax menjadi idola baru masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan peningkatan penyaluran yang cukup signifikan mencapai 200% lebih dari rata-rata harian.

Selain daerah tujuan arus mudik, wilayah Jawa Tengah bagian selatan serta DIY juga merupakan destinasi wisata sehingga konsumsi bahan bakar meningkat saat lebaran ataupun long weekend lainnya.

"Mudah-mudahan bukan hanya di musim Lebaran seperti sekarang ini saja produk unggulan BBK Pertamina menjadi idola masyarakat, tetapi hari-hari biasa pun tetap menjadi idola masyarakat," ungkap Suyanto.

Suyanto melanjutkan, pada musim arus balik kali ini Pertamina MOR IV Semarang khususnya di wilayah Tegal-Brebes tepatnya di Pintu Masuk Tol Pejagan sudah mulai mengoperasikan Portable Tank Operation (SPBU Mobile). Pengoperasian PTO ini juga guna memenuhi peningkatan kebutuhan BBM dan BBK seiring meningkatnya jumlah kendaraan yang melintas di wilayah tersebut.

Portable Tank Operation adalah jenis kendaraan Truck Tanki berisi BBM/BBK yang sudah dilengkapi dengan Pompa. Dengan pengoperasioan maka Pertamina bisa langsung melakukan pengisian ke kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

Diharapkan dengan mulai dioperasikannya Portable Tank Operation ini kelancaran dan kenyamanan masyarakat akan ketersediaan bahan bakar lebih terjamin saat kembali ke tujuan usai mudik.

"Kami akan selalu berusaha melakukan improvisasi dan inovasi untuk memberikan pelayanan terbaik kami bagi masyarakat,sesuai dengan tata nilai kami yakni 6C, salah satu C-nya adalah Customer Focused atau kepuasan pelanggan. Dan, Pelanggan yang kami maksud adalah masyarakat pada umumnya," papar Suyanto.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7514 seconds (0.1#10.140)