Masa Puncak Lebaran, Penyaluran BBM dan Gas Lancar

Jum'at, 21 Mei 2021 - 10:30 WIB
loading...
Masa Puncak Lebaran, Penyaluran BBM dan Gas Lancar
Masa puncak Hari Raya Idul Fitri berlalu, PT Pertamina (Persero) telah memastikan penyaluran BBM dan Gas berjalan aman dan lancar di seluruh wilayah Indonesia.
A A A
JAKARTA - Masa puncak Hari Raya Idul Fitri berlalu, PT Pertamina (Persero) telah memastikan penyaluran BBM dan Gas berjalan aman dan lancar di seluruh wilayah Indonesia. Untuk ini, Pertamina mendedikasikan Satgas RAFI (Ramadhan Idul Fitri) yang telah bekerja sejak 26 April hingga 31 Mei 2021.

Berdasarkan data Satgas RAFI 2021 per 16 Mei 2021, realisasi penyaluran gasoline (bensin) sebesar 91,1 ribu Kilo Liter (KL) per hari atau meningkat 8 persen dibanding rata-rata harian normal sebesar 84,1 ribu KL per hari. Puncak permintaan BBM terjadi pada 11 – 12 Mei 2021 dengan konsumsi terbesar adalah Pertalite yang mencapai 70 persen dari total realisasi gasoline.
Masa Puncak Lebaran, Penyaluran BBM dan Gas Lancar

Berbeda dengan gasoline, gasoil (solar) malah terjadi penurunan 10 persen dari rata-rata harian normal sebesar 38,5 ribu KL menjadi 34,3 ribu KL per hari. Penurunan juga terjadi pada penyaluran Avtur yang turun 25,6 persen dari rata-rata normal harian 6,5 ribu KL per hari menjadi 4,9 ribu KL per hari.

Untuk produk gas, peningkatan konsumsi terjadi pada LPG sebesar 27,5 ribu Metrik Ton (MT) atau naik 6,3 persen dari penyaluran normal sebesar 25,8 ribu MT. Sedangkan penyaluran gas nasional sebesar 590 BBtud di mana untuk layanan jaringan gas rumah tangga naik 10 persen-12 persen dengan volume sebesar 8 juta - 8,5 juta meter kubik per hari dalam pemakaian selama masa bulan Ramadhan.



Pjs. Senior Vice President Corporate Communications & Investor Relations Pertamina Fajriyah Usman mengatakan satgas yang dibentuk di seluruh lini bisnis perusahaan mampu mendistribusikan, melayani kebutuhan BBM, dan gas sekaligus mengedukasi masyarakat dalam penggunaan energi.

"Penyaluran energi selama masa puncak lebaran didukung oleh ketersediaan pasokan yang aman dengan ketahanan antara 16-73 hari dengan produksi kilang mencapai 857,3 MBSD. Kelancaran distribusi energi juga dicapai dengan moda transportasi energi yang handal, salah satunya melalui Subholding Shipping yang dapat mengoperasikan kapal sebanyak 255 unit," tuturnya.

Sepanjang periode Satgas, dalam rangka mengedukasi konsumen, Pertamina juga tetap menjalankan Program Langit Biru yang telah berjalan sejak 2020 serta memberikan harga khusus Berkah Ramadhan bagi produk BBM unggulan.

Untuk meningkatkan pelayanan, kata Fajriyah, melalui Subholding Commercial & Trading juga menawarkan program beli Bright Gas #DiRumahAja serta Program Tukar Tabung #KeBrightGasAja dan promo pembelian pelumas.

"Kami berterima kasih kepada masyarakat dan juga seluruh stakeholder atas dukungannya kepada Pertamina sehingga distribusi BBM dan gas selama masa Lebaran berjalan dengan lancar dan dapat terpenuhi dengan baik," katanya. CM
(ars)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1352 seconds (0.1#10.140)