Menkeu Inggris: Kami Tinggalkan Uni Eropa bukan Dunia

Senin, 11 Juli 2016 - 15:42 WIB
Menkeu Inggris: Kami...
Menkeu Inggris: Kami Tinggalkan Uni Eropa bukan Dunia
A A A
LONDON - Menteri Keuangan Inggris George Osborne menegaskan, akan membuka pintu lebih luas kepada dunia seiring keputusan meninggalkan Uni Eropa (UE). Bahkan dia menerangkan akan menjalin lebih dekat hubungan antara Inggris dan Amerika Serikat (AS), di luar kepentingan kedua negara.

Seperti dilansir BBCNews, Senin (11/7/2016) George dijadwalkan melakukan perjalanan ke beberapa negara seperti AS di New York, Singapura dan China untuk membicarakan terkait investasi dalam beberapa pekan mendatang. "Meskipun Inggris meninggalkan Uni Eropa, tapi kami tidak berhenti dari dunia," jelasnya.

(Baca Juga: IMF Sebut Brexit Seret Pertumbuhan Ekonomi Zona Euro)

Inggris sendiri merupakan mintra perdagangan terbesar untuk Amerika Serikat di Eropa dan pada gilirannya AS merupakan salah satu tujuan utama ekspor Inggris. Tercatat ekspor Inggris ke AS mencapai 88 miliar pounds pada 2014 atau sekitar 17% dari total ekspor Negeri Ratu Elizabeth -julukan Inggris- dan tahun lalu Inggris adalah mitra dagang keenam yang terbesar buat AS.

"Keputusan Inggris untuk meninggalkan Uni Eropa (UE) jelas menyajikan tantangan ekonomi dan kami sekarang harus melakukan segala yang kami bisa untuk membuat Inggris menjadi tempat paling menarik di dunia untuk melakukan bisnis," ucap dia.

"Inggris dan Amerika Serikat telah berada di garis depan perdagangan dalam 200 tahun dan ingin menguatkan hubungan dengan mitra dagang terbesar kami yang saat ini adalah prioritas. Itulah mengapa saya melakukan ke AS, China dan Singapura dalam beberapa pekan mendatang. Saya ingin mengirimkan pesan kepada dunia bahwa Inggris meninggalkan Uni Eropa, tapi kami tidak berhenti dari dunia," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.0682 seconds (0.1#10.140)