Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II di Luar Ekspektasi BI

Senin, 08 Agustus 2016 - 11:51 WIB
Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II di Luar Ekspektasi BI
Pertumbuhan Ekonomi RI Kuartal II di Luar Ekspektasi BI
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengemukakan bahwa realisasi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II/2016 sebesar 5,18% di luar ekspektasi BI. Pasalnya, bank sentral memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode tersebut hanya sekitar 4,94%.

(Baca: Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Triwulan II 2016 Capai 5,18%)

Gubernur BI Agus Martowardojo mengaku menyambut baik realisasi pertumbuhan ekonomi yang di atas perkiraannya. Hal ini menunjukkan bahwa kondisi ekonomi Indonesia jauh lebih baik dibanding periode-periode sebelumnya.

"Secara umum kami lihat pertumbuhan ekonomi kuartal II/2016 baik 5,18% menunjukkan kondisi yang naik dibanding kuartal II/2015 dan kuartal I/2016. Bagi BI sambut baik, karena kami prediksi 4,94%. Tapi ternyata bisa mencapai 5,18%," katanya di Gedung BI, Jakarta, Senin (8/8/2016).

Dia menilai, terkereknya pertumbuhan ekonomi Indonesia pada periode ini ditopang oleh kinerja ekspor di luar ekspektasi. Membaiknya harga komoditas di pasar global membuat kinerja ekspor Indonesia juga mengalami perbaikan.

Ditambah lagi, sambung mantan Menteri Keuangan ini, konsumsi rumah tangga dan investasi juga turut mengalami perbaikan. "Ketika kami assesment kami lihat hampir di semua bidang, konsumsi rumah tangga, konsumsi pemerintah dan investasi seperti kami prediksi. Tapi ekspor lebih baik dari prediksi dan ini confirm karena ada perbaikan harga komoditas. Jadi secara umum itu kami sambut baik," imbuh dia.

Selain itu, panen raya produk pertanian yang tertunda‎ menjadi kuartal II/2016 juga menunjang perbaikan kondisi ekonomi tersebut. "Ini juga ada faktor produktivitas di pertanian yang tertunda dan bergeser ke kuartal II/2016. Membuat pertumbuhan ekonomi kuartal II/2016 lebih baik," tandas Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9223 seconds (0.1#10.140)