Jokowi Ingatkan Kembali Makna HUT Kemerdekaan

Rabu, 17 Agustus 2016 - 07:07 WIB
Jokowi Ingatkan Kembali Makna HUT Kemerdekaan
Jokowi Ingatkan Kembali Makna HUT Kemerdekaan
A A A
JAKARTA - Menyambut hari ulang tahun kemerdekaan ke-71 Republik Indonesia, Presiden Jokowi kembali mengingatkan paradigma pembangunan nasional yang menjadi landasan Kabinet Kerja. Diantaranya pembangunan tidak melulu bersifat Jawa sentris. Dan dari yang bersifat konsumtif harus diubah menjadi produktif.

Dalam pidato kenegaraan yang disampaikan dalam Sidang Bersama DPR dan DPD, Jokowi membeberkan sejumlah capaian pemerintah dalam membangun infrastruktur di seluruh pelosok Tanah Air. Khususnya di desa-desa, di daerah-daerah pinggiran dan wilayah perbatasan guna memperkuat konektivitas nasional.

"Memasuki tahun kedua, Pemerintah bertekad melakukan percepatan pembangunan. Kita harus melangkah menuju Indonesia maju," kata Jokowi di Gedung Nusantara I DPR, Senayan, Jakarta Selatan, Selasa (16/8/2016).

Jokowi menambahkan, percepatan pembangunan tersebut mutlak diperlukan. Sudah 71 tahun Indonesia merdeka, Indonesia belum mampu memutus rantai kemiskinan, memutus rantai pengangguran, memutus rantai ketimpangan dan kesenjangan sosial.

Setiap Presiden Republik Indonesia telah bekerja keras, telah membanting tulang, telah berjuang untuk mengatasi tiga tantangan tersebut di masanya masing-masing. Mulai dari Presiden Soekarno, Presiden Soeharto, Presiden BJ Habibie, Presiden Abdurrahman Wahid, Presiden Megawati Soekarnoputri, sampai masa Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Tantangan yang sama, juga sedang kita hadapi sekarang ini. Perbedaannya, kita menghadapi tantangan tersebut di tengah tatanan baru dunia, di tengah era kompetisi global," kata Jokowi.

Karenanya, di momentum HUT ke-71 Republik Indonesia ini, Jokowi mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergandengan tangan bersama, menutup kekurangan-kekurangan yang terjadi di berbagai sektor kehidupan.

"Kemerdekaan yang kita raih adalah jembatan untuk memakmurkan rakyat, untuk menegakkan keadilan, untuk membuat seluruh rakyat Indonesia meraih kemajuan bersama," kata Jokowi.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6326 seconds (0.1#10.140)