Menteri ESDM Baru Pengganti Arcandra Harus Cepat dan Tepat

Minggu, 04 September 2016 - 20:18 WIB
Menteri ESDM Baru Pengganti Arcandra Harus Cepat dan Tepat
Menteri ESDM Baru Pengganti Arcandra Harus Cepat dan Tepat
A A A
JAKARTA - Menteri Energi Sumber Daya dan Mineral (ESDM) baru yang akan menggantikan posisi Arcandra Tahar dinilai harus mempunyai prinsip bekerja cepat dan tepat. Anggota Komisi VII DPR RI Kurtubi menerangkan hal ini sesuai dengan kondisi sektor komoditas yang masih fluktuatif.

(Baca Juga: Urgen, Menteri ESDM Baru Diminta Benahi Warisan Tata Kelola Buruk)

Meski begitu dia menyadari bahwa keputusan Menteri ESDM sepenuhnya menjadi kewenangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk nantinya akan memilih sosok yang seperti apa. Hingga kini posisi Menteri ESDM masih dijabat Pelaksana Tugas (Plt) Luhut Binsar Pandjaitan dengan rangkap jabatan sebagai Menteri Koordinator bidan Kemaritiman.

"Karena itu kan jadi hak prerogatif beliau. Meskipun banyak yang bilang harus banyak begini begitu, tapi itu haknya presiden dan tentunya terkait dengan departemen dan bidang-bidang lain," kata dia kepada Sindonews, Jakarta, Minggu (4/9/2016).

Lebih lanjut dia berharap Menteri ESDM yang baru nanti mampu menciptakan koordinasi yang baik, lantaran Kementerian ESDM tidak bisa berdiri sendiri. Menurutnya ada beberapa kementerian yang saling berkoordinasi dengan ESDM seperti Kementerian Maritim, Kementerian Keuangan dan lainnya.

"Dia terkait dengan kementerian-kementerian lain. Jadi meskipun ESDM ingin cepat, tapi ini kan ada kaitannya dengan departemen lain yang butuh koordinasi," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6539 seconds (0.1#10.140)