HT: Proteksi Tenaga Kerja Lokal dari MEA

Rabu, 21 September 2016 - 10:45 WIB
HT: Proteksi Tenaga Kerja Lokal dari MEA
HT: Proteksi Tenaga Kerja Lokal dari MEA
A A A
BOGOR - Serbuan tenaga kerja asing sebagai konsekuensi pemberlakuan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) membuat masyarakat Kabupaten Bogor resah. Sebab, mereka mulai mengambil alih lapangan kerja di berbagai sektor dan tingkatan, yang selama ini diisi tenaga kerja lokal.

Hal itu terungkap saat Ketua Umum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) saat berdialog dengan tokoh masyarakat di Kecamatan Jonggol, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, kemarin.

"Sekarang ada orang asing di pabrik, kerjanya sama seperti warga kita. Ya itulah mungkin dampak MEA," ujar salah satu tokoh masyarakat setempat.

HT menuturkan, pemerintah seharusnya membatasi masuknya tenaga kerja asing. "Proteksi tenaga kerja kita dari MEA. Tenaga kerja asing tidak boleh, kecuali memiliki keahlian yang kita tidak punya," katanya.

Dia mengatakan, pemberlakuan MEA di tengah masyarakat yang mayoritas belum mapan secara kesejahteraan dan pendidikan hanya akan membuat masyarakat di Tanah Air tergilas. Mereka, kata HT, seharusnya mendapatkan perlakuan khusus agar berkembang, kesejahteraannya meningkat, sampai akhirnya siap menghadapi persaingan di pasar bebas.

"Perubahan terjadi kalau ada kebijakan. Bangun kesejahteraan masyarakat bawah dan proteksi dari pasar bebas," tutur pria asal Jawa Timur itu.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6583 seconds (0.1#10.140)