Bank Dunia Ramal Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Stabil

Rabu, 05 Oktober 2016 - 13:15 WIB
Bank Dunia Ramal Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Stabil
Bank Dunia Ramal Ekonomi Asia Timur dan Pasifik Stabil
A A A
JAKARTA - Bank Dunia (World Bank) memprediksi, pertumbuhan ekonomi di Asia Timur dan Pasifik masih akan tetap bertahan untuk jangka waktu tiga tahun ke depan. Namun, kawasan ini masih menghadapi berbagai risiko besar untuk tumbuh, dan perlu mengambil berbagai langkah mengurangi kerentanan finansial dan fiskal.

Wakil Presiden Bank Dunia untuk Kawasan Asia Timur dan Pasifik Victoria Kwakwa mengatakan, dalam laporan terbarunya secara keseluruhan negara berkembang di Asia Timur diperkirakan tumbuh 5,8% tahun ini, dan 5,7% di tahun 2017 dan 2018.

"Proyeksi untuk kawasan berkembang Asia Timur dan Pasifik tetap positif, melemahnya pertumbuhan global dan permintaan eksternal bisa diimbangi oleh konsumsi domestik dan investasi yang kuat," katanya di Kantor Bank Dunia, Jakarta, Rabu (5/10/2016).

Menurutnya, tantangan jangka panjang di Asia Timur dan Pasifik adalah pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Kawasan ini perlu mengatasi rintangan terhadap pertumbuhan inklusif yang berkesinambungan, dengan memenuhi kesenjangan infrastruktur, mengurangi malnutrisi, dan memperkuat inklusi keuangan.

"Tantangan jangka panjang adalah meneruskan pertumbuhan dan membuatnya menjadi inklusif, dengan mengurangi kesenjangan penghasilan dan akses layanan umum, terutama di China, memperbaiki infrastruktur seluruh kawasan, mengurangi malnutrisi anak, dan mempertajam potensi teknologi untuk menumbuhkan inklusi finansial," imbuh dia.

Dalam laporannya tersebut, Bank Dunia memperkirakan permintaan domestik akan tetap menguat di hampir seluruh kawasan. "Harga komoditas yang terus menurun akan menguntungkan importir komoditas dan menjaga inflasi tetap rendah di hampir semua kawasan," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6273 seconds (0.1#10.140)