RI Kantongi Utang Rp24,6 T dari Bank Dunia, Pengamat: Alternatif Ideal

Selasa, 22 Juni 2021 - 14:06 WIB
loading...
RI Kantongi Utang Rp24,6 T dari Bank Dunia, Pengamat: Alternatif Ideal
Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Indonesia belum lama ini mengantongi utang baru dari Bank Dunia. Jumlahnya sekitar USD1,7 miliar atau setara Rp24,6 triliun. Utang tersebut digelontorkan dalam tiga tahap untuk mendukung tiga program pemerintah Indonesia yang berkaitan dengan pemulihan ekonomi dan penanggulangan pandemi.

Peneliti Makroekonomi Lembaga Penyelidikan Ekonomi dan Masyarakat (LPEM) FEB UI, Teuku Riefky, mengatakan, jika dilihat dari aspek pembiayaan utang terutama sumbernya, keputusan Indonesia untuk mengantongi utang baru dari Bank Dunia merupakan alternatif ideal.



Dari aspek ekonomi, kata dia, hal ini membuat Indonesia memerlukan pendanaan yang siaga. Di mana, sejauh ini Indonesia memang memiliki margin utang yang sudah dilebarkan, yakni bisa melewati tiga persen hingga tahun 2023.

“Sejauh ini kita memiliki margin utang yang sudah dilebarkan, bisa lewat tiga persen hingga tahun 2023. Tapi kalau kita lihat beban pembiayaan utang kita ini di APBN sudah cukup tinggi. Jadi, ketimbang menerbitkan utang melalui instrumen normal yang relatif mahal yield-nya, saya rasa memang dari Bank Dunia ini adalah altenatif yang ideal di saat kondisi krisis seperti ini,” tuturnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1539 seconds (0.1#10.140)