Sulawesi Utara Targetkan 700 Ribu Wisatawan

Kamis, 06 Oktober 2016 - 01:04 WIB
Sulawesi Utara Targetkan 700 Ribu Wisatawan
Sulawesi Utara Targetkan 700 Ribu Wisatawan
A A A
JAKARTA - Pemerintah Sulawesi Utara menargetkan peningkatan jumlah wisatawan ‎untuk tahun depan sebanyak 700 ribu. Sementara, Kementerian Pariwisata telah menargetkan pada tahun 2019, wisatawan asing yang datang ke Indonesia berjumlah 20 juta wisatawan.

“Jika di sini bisa mencapai target 700 ribu wisatawan, itu berarti sudah 3% dari 20 juta wisatawan yang ditargetkan. Itu suatu angka yang besar,” ucap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat bertandang ke Sulawesi Utara dalam keterangannya yang diterima SINDOnews, Rabu (5/10/2016).

Maka itu, dia meminta Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara agar tak segan-segan menciptakan kegiatan ekonomi di Sulut agar bisa menambah daya tarik wisatawan.

"Untuk itu kepada Pemprov, saya minta ciptakanlah kegiatan ekonomi di sini. Dengan adanya hal itu, akan menarik wisatawan. Semakin banyak penerbangan, maka (tarifnya) akan menjadi murah,” tuturnya lagi.

Menhub mengatakan, beberapa wisatawan yang potensial datang mengunjung Sulut diantaranya wisatawan dari Singapura, Malaysia, Jepang, dan Korea Selatan.

“Ada rencana kami untuk membuka penerbangan dengan dari luar seperti China-Sulawesi Utara-Solo, agar wisatawan yang masuk ke Sulawesi Utara tidak terhenti sampai di sini tetapi dapat melanjutkan perjalanan wisata ke Lombok, Bali, Yogyakarta, dan Solo misalnya. Hal Itu juga dapat membuat wisatawan memperpanjang kunjungannya atau long stay dua tiga hari,” ujar Budi Karya.

Sementara itu, Gubernur Sulut Olly Dondokambey usai menandatangani kesepakatan mengatakan, bahwa daya tarik Provinsi Sulut ada pada pariwisatanya. Untuk itu, pihaknya telah menyiapakan berbagai pengembangan infrastruktur seperti transportasi dan akomodasi seperti penginapan.

“Potensi utama di sini adalah pada perikanan dan pariwisatanya. Ada budaya yang sangat unik di sini yaitu budaya Mane’e. Dimana pada suatu waktu, masyarakat dapat menangkap ikan tanpa perlu menggunakan perahu ke tengah laut, tetapi ikannya yang datang ke pinggir. Tidak hanya satu ikan tapi banyak. Itu salah satu yang menjadi daya tarik wisatawan,” tutupnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4878 seconds (0.1#10.140)