OJK Dorong Indonesia Jadi Pusat Mikro Finance

Kamis, 13 Oktober 2016 - 12:48 WIB
OJK Dorong Indonesia Jadi Pusat Mikro Finance
OJK Dorong Indonesia Jadi Pusat Mikro Finance
A A A
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menekankan bakal terus mendorong Indonesia agar dapat menjadi pusat kegiatan keuangan mikro. Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad menerangkan, Indonesia memiliki potensi dalam mikro financing, karena masyarakatnya yang banyak berprofesi sebagai pelaku Usaha Kecil Mikro Menengah (UMKM) yang tersebar hingga ke pelosok desa.

"Kami tentu saja sangat merespon agar Indonesia bisa menjadi pusat mikro financing, karena penduduk kita banyak yang berprofesi sebagai pelaku dan pengusaha UMKM," kata dia dalam acara Indonesian Banking Human Capital di Ritzcarlton, Jakarta, Kamis (13/10/2016).

Dia menambahkan untuk itu, Indonesia harus berusaha mengembangkan mikro financing dalam negerinya lebih dulu sehingga bisa besar dan dapat bersaing di ASEAN lalu kemudian dunia. Sementara itu menurutnya tenaga kerja semua sektor di Indonesia termasuk UMKM, sudah memiliki kualitas yang sama baiknya dengan negara-negara anggota Masyarakat Ekonomi Asean (MEA).

"Sebetulnya yang khawatir dengan MEA bukan kita, karena tenaga kerja kita juga akan masuk ke negara mereka. Kalau bicara kualitas SDM, kami buat sedemikian rupa, standar internasional, kalau perlu dalam hal pendalaman bahasa Inggris," lanjutnya

Dengan adanya pengoptimalan di tenaga kerja tersebut, Muliaman yakin, ini akan sejalan dengan program pemerintah bahwa Indonesia bisa menjadi pusat industri keuangan dunia. "Ini juga untuk mengembangkan UMKM, mikro finance kita sehingga bisa kuat di kancah regional," pungkasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6368 seconds (0.1#10.140)