PLN Kebut Program Listrik Desa

Kamis, 13 Oktober 2016 - 21:24 WIB
PLN Kebut Program Listrik Desa
PLN Kebut Program Listrik Desa
A A A
SEMARANG - PT PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY terus mempercepat upaya distribusi listrik ke desa-desa yang selama ini belum teraliri listrik PLN melalui program listrik desa.

Sampai akhir tahun ini PLN menargetkan, setidaknya 25 desa yang berada di empat kabupaten di DIY. Dan di harapkan, dengan adanya program ini, potensi jumlah pelanggan di Jateng dan DIY yang akan tersambung sebanyak 500 pelanggan.

Direktur Bisnis Regional Jawa Bagian Tengah PLN Nasri Sebayang mengatakan, pada tahap pertama PLN telah melakukan penyambungan di tiga Desa di Kabupaten Kulonprogo yakni Desa Hargo Tirto, Hargo Wilis dan Kalirejo dengan total 30 pelanggan rumah tangga telah resmi terlistriki.

"Program listrik desa tersebut direncanakan akan membangun jaringan listrik untuk 25 desa yang berada di empat kabupaten di DI Yogyakarta pada 2016," katanya di Semarang, kamis (13/10/2016).

Saat ini, rasio elektrifikasi untuk wilayah Jawa Tengah dan DIY mencapai 91,96% dengan rincian rasio elektrifikasi DIY 87,7% dan Jawa Tengah yang telah mencapai 92,5%. Adapun rasio elektrifikasi di Kulonprogo mencapai 89,9% dengan pelanggan sebanyak 110.000. PLN terus berupaya agar rasio elektrifikasi bisa mencapai 100%.

Untuk meningkatkan rasio elektrifikasi di wilayah Jawa Tengah dan DIY, pada akhir tahun akan dilakukan percepatan pembangunan. "Dalam program 35.000 MW, porsi PLN Distribusi Jawa Tengah dan DIY adalah 21.000 MW dari 35.000 MW karena pertumbuhan ekonomi terbesar ada di Pulau Jawa," bebernya.

GM PLN Distribusi Jateng dan DIY Dwi Kusnanto menambahkan, untuk melaksanakan program listrik desa, terdapat beberapa kendala, di antaranya dibutuhkannya kerja ekstra dalam membawa tiang ke lokasi karena medan yang cukup sulit. "Sebagian dibawa secara manual dibantu oleh warga desa setempat," tambahnya.

Karena itu, pihaknya berharap dukungan pemerintah daerah khususnya pada kemudahan perizinan pembangunan serta saat penarikan kabel dan penentuan lokasi gardu.

Disebutkannya, dari sisi keandala, PLN distribusi Jateng dan DIY sampai saat ini tidak ada masalah. Kondisi kelistrikan di Jateng dan DIY masih mengalami surplus 750 MW.

Kelistrikan semakin andal dengan adanya tambahan pasokan dari PLTU Cilacap sebesar 620 KV, dan PTLU Adipala dengan jumlah yang sama. "Kita punya tiga sub sistem yakni sub sistem Ungaran, Pedan dan Tanjungjati. Ketiganya sudah dalam bentuk jaringan dalam bentuk andal," tandas Dwi.
(izz)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
berita/ rendering in 0.0948 seconds (10.55#12.26)