Menteri ESDM Jonan Bakal Ubah Sektor Energi Tak Lagi Eksklusif

Senin, 17 Oktober 2016 - 17:30 WIB
Menteri ESDM Jonan Bakal Ubah Sektor Energi Tak Lagi Eksklusif
Menteri ESDM Jonan Bakal Ubah Sektor Energi Tak Lagi Eksklusif
A A A
JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan menegaskan akan merombak konsep pembangunan di sektor energi, yang selama ini terkesan eksklusif dan tidak melibatkan masyarakat. Dia menginginkan, seluruh kegiatan di sektor energi seperti pembangunan kilang bisa melibatkan masyarakat sekitar.

(Baca Juga: Halangi Gerak Duet Jonan-Arcandra, Luhut Ancam Bakal Buldoser)

Mantan Menteri Perhubungan (Menhub) ini mencontohkan, pembangunan kilang di Bontang ataupun Arun dulu menggunakan konsep enclave atau tumbuh sendiri di luar lingkungannya. Jonan menyatakan, ke depannya konsep tersebut akan diubah sehingga masyarakat bisa terlibat di dalamnya.

"Konsep pembangunan kegiatan di bidang energi, apa itu pengelolaan gas, eksploitasi minyak dan sebagainya. Kalau saya lihat di Bontang, Arun dan sebagainya, dari dulu bangunnya enclave. Kalau saya tidak perlu enclave," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Senin (17/10/2016).

(Baca Juga: Bentengi Jonan-Arcandra, Luhut Kirim Pesan Khusus ke DPR)

Menurutnya, pembangunan berbasis enclave saat ini sudah sangat ketinggalan. Dia menegaskan masyarakat setempat harus terlibat dan menikmati keuntungan dari pembangunan di sektor energi meskipun hanya untuk jualan roti.

"Masyarakat setempat harus terlibat, mau jualan roti atau apa harus terlibat. Pembangunan enclave itu sudah ketinggalan. Misalnya Blok Masela, kalau onshore ya masyarakat setempat harus menikmati benefitnya," tandasnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0466 seconds (0.1#10.140)