Total Masih Gantung Tawaran Pertamina Gabung di Blok Mahakam

Selasa, 25 Oktober 2016 - 21:36 WIB
Total Masih Gantung Tawaran Pertamina Gabung di Blok Mahakam
Total Masih Gantung Tawaran Pertamina Gabung di Blok Mahakam
A A A
JAKARTA - Total E&P Indonesie hingga saat ini belum memutuskan mengenai tawaran PT Pertamina (Persero) untuk bergabung kembali di Blok Mahakam. Pertamina sendiri menawarkan Total kembali gabung dengan hak kelola (participating interest) sebesar‎ 30%.

Presiden dan General Manager Total, Hardy Pramono mengatakan, prioritas mereka saat ini mengamankan produksi minyak dan kondensat di Blok Mahakam agar tidak turun drastis, saat proses alihkelola dari Total ke Pertamina dilakukan.

"‎Yang paling prioritas adalah bagaimana kami mengamankan produksi, terutama alih kelola ini kepada Pertamina. Karena yang paling penting bagaimana menjaga decline rate seminimum mungkin," katanya di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta, Selasa (25/10/2016).

Menurutnya, tawaran Pertamina untuk bergabung di Blok Mahakam sekarang ini bukanlah prioritas. Meski demikian, pihaknya bersama Pertamina terus membahas mengenai hal tersebut.

"‎Participation yang 30 persen yang sudah diputuskan, akan terus kami bahas di sini dengan Pertamina. Kalau melihat term and condition yang ada, sebenarnya ini ‎enggak prioritas," imbuh dia.

Sementara untuk menjaga agar produksi tidak turun drastis, sambung Hardy, Total telah menyiapkan enam sumur pengeboran untuk produksi (put on production) 2017. Selain itu, Pertamina juga menyiapkan 19 sumur untuk dibor oleh Total yang akan put and production pada 2018.

"‎Akan diawasi nantinya oleh SKK Migas. Jadi alih kelola adalah ang terpenting. Sedang kami lakukan sampai menuju 2018. Sedangkan participating interest masih terus kita bicarakan sampai kondisinya tercapai," tandasnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4257 seconds (0.1#10.140)