Puluhan Proyek Listrik Mangkrak, Jokowi Ancam Lapor KPK

Selasa, 01 November 2016 - 16:46 WIB
Puluhan Proyek Listrik Mangkrak, Jokowi Ancam Lapor KPK
Puluhan Proyek Listrik Mangkrak, Jokowi Ancam Lapor KPK
A A A
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan akan meminta bantuan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk mengusut kerugian negara, akibat proyek pembangkit listrik yang mangkrak bertahun-tahun lamanya. Hal ini ditegaskan dalam rapat kabinet terbatas mengenai perkembangan mega proyek listrik 35.000 megawatt (MW).

(Baca Juga: Realisasi Kecil, Jokowi Khawatirkan Proyek Listrik 35.000 MW)

Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menerangkan saat ini ada 34 proyek pembangkit listrik yang mangkrak selama hampir delapan tahun. Lantaran menyangkut anggaran triliunan rupiah, Jokowi meminta Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) untuk memberikan laporan mengenai progres penyelesaian proyek tersebut.

"Tolong nanti disampaikan ke saya totalnya berapa, ini sudah menyangkut angka yang triliunan. Dan ini tidak boleh dibiarkan terus menerus," katanya di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Selasa (1/11/2016).

Menurutnya, beberapa proyek pembangkit yang mangkrak tersebut sudah ada yang tidak bisa dilanjutkan pembangunannya. Pasalnya, konstruksi yang ada sudah usang dan berkarat sehingga tidak mungkin untuk dilanjutkan kembali.

"Kalau ini memang tidak bisa diteruskan ya sudah, nanti saya bawa ke KPK. Karena ini menyangkut uang yang bukan kecil. 34 pembangkit listrik ini sampai sekarang saya belum mendapatkan kepastian mengenai ini," tegas dia.

Mantan Walikota Solo ini pun berpesan, kedepannya tidak ada lagi proyek-proyek pembangkit yang mangkrak dan tidak terselesaikan. "Saya minta yang baru ini betul-betul hati-hati semuanya," tutupnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5244 seconds (0.1#10.140)