Bayer: Teknologi Kunci Tingkatkan Sektor Pertanian RI

Rabu, 09 November 2016 - 13:00 WIB
Bayer: Teknologi Kunci Tingkatkan Sektor Pertanian RI
Bayer: Teknologi Kunci Tingkatkan Sektor Pertanian RI
A A A
JAKARTA - Perusahaan Agrikultur asal Jerman, Bayer AG menyatakan, inovasi teknologi jadi kunci untuk meningkatkan sektor pertanian di Indonesia. Sehingga, produktivitas dan kualitas petani bisa meningkat.

Head of Agriculture Commercial Operations Crop Science Division, Bayer AG Marc Reichardt mengatakan, meningkatnya kualitas dan produktivitas petani dapat membantu Indonesia mencapai target swasembada pangan. Pengurangan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi juga dapat diperbaiki dengan adanya hal tersebut.

"Inovasi teknologi adalah kunci untuk membuka potensi sektor pertanian Indonesia dengan berupaya meningkatkan produktivitas dan kualitas hasil petani. Pada akhirnya akan membantu lndonesia untuk mencapai target swasembada pangan, pengurangan kemiskinan, dan pertumbuhan ekonomi," ujar dia di Jakarta, Rabu (9/11/2016).

Pertanian kata dia, merupakan pusat perekonomian Indonesia di mana sektor ini memberikan kontribusi 14% dari PDB dan mempekerjakan lebih dari 40 juta penduduk. "Ini adalah sumber utama tenaga kerja di daerah pedesaan, dimana kemiskinan merupakan hal umum. Tingkat pertumbuhan tahunan produksi pertanian Indonesia adalah 3,5%," kata Reichardt.

Menurutnya pertumbuhan ini sedikit lebih baik dan dapat dikaitkan dengan total faktor peningkatan produktivitas. Dia menambahkan faktor lainnya adalah ekspansi sumber daya seperti penambahan lahan, tenaga kerja dan modal.

Seperti diketahui, ke depannya guna mendorong pertumbuhan sektor pertanian dan meningkatkan produktivitas, pemerintah Indonesia telah mengalokasikan anggaran sebesar Rp31,5 triliun dalam APBN tahun ini. Fokusnya adalah pada percepatan swasembada pangan.

Beberapa program yang diusulkan meliputi penambahan sumber daya, seperti perluasan 200.000 hektar sawah, rehabilitasi irigasi dan optimalisasi 275.000 hektare (Ha) lahan pertanian, dan pembangunan fasilitas penyimpanan.

"Saya yakin sektor pertanian memiliki prospek pertumbuhan yang baik. Bersama-sama dengan pemangku kepentingan lainnya, kita dapat lebih meningkatkan produktivitas pertanian melalui penggunaan teknologi. Dalam hal ini Bayer dapat berkontribusi dengan menghadirkan solusi yang inovatif," pungkas dia.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7230 seconds (0.1#10.140)