Terus Berinovasi Japfa Raih Penghargaan Economic Challenges Awards 2016

Kamis, 24 November 2016 - 11:37 WIB
Terus Berinovasi Japfa Raih Penghargaan Economic Challenges Awards 2016
Terus Berinovasi Japfa Raih Penghargaan Economic Challenges Awards 2016
A A A
JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (Japfa) sabet penghargaan Economic Challenges Awards 2016 sebagai salah satu perusahaan yang mampu melakukan inovasi dan mendorong pertumbuhan di masa sulit. Perhargaan tersebut diserahkan oleh Menteri Tenaga Kerja Hanif Dhakiri kepada Direktur External Relations Japfa Rachmat Indrajaya.

Japfa terpilih sebagai pemenang dalam kategori Aneka Industri dan Manufaktur dengan menyingkirkan empat kandidat lainnya, di mana salah satunya adalah emiten pakan ternak, PT Charoen Phokpand Tbk. Keberhasilan Japfa tersebut karena kemampuan perseroan untuk terus melakukan inovasi dan mendorong pertumbuhan usaha, meskipun harus melalui masa ketidakpastian pada 2016.

“Inovasi adalah pekerjaan yang tidak mudah. Diperlukan kegesitan dan keuletan untuk melakukannya,” ujar Rhenald Kasali, salah satu dewan juri Economic Challenges Awards 2016.

Kegesitan dan keuletan Japfa terlihat pada kemampuannya untuk menggaet investor asing seperti KKR Jade Ltd untuk menanamkan modal. Pada pertengahan 2016, Japfa mampu menggaet KRR Jade Ltd untuk menginvestasikan sebesar USD 81,2 juta atau setara 10,44% saham.

“Saya tidak ingin melihat inovasi sebagai sebuah biaya, tetapi memegang prinsip inovasi atau mati. Mau tidak mau perusahaan harus melakukan inovasi untuk melewati masa yang sulit,” ungkap Kristanto Santosa, pakar inovasi.

Salah satu faktor lainnya yang mampu mendorong Japfa melewati masa sulit adalah inovasi dengan cepat untuk menyikapi berbagai perubahan di pasar dan kebijakan dalam dunia agribisnis. Sepanjang 2016, terdapat berbagai perubahan kebijakan mendasar mulai dari pengetatan impor jagung, kebijakan impor sapi yang mengalami banyak perubahan, dan berbagai kebijakan lainnya termasuk mengenai harga bahan pokok.

“Japfa menyakini agribisnis merupakan salah satu pilar utama perekonomian Indonesia. Oleh karena itu, JAPFA terus-menerus mendorong pertumbuhan dalam industri ini dengan dukungan dari peternak baik ayam, sapi, ikan, dan udang di seluruh Indonesia,” ujar Rachmat Indrajaya, external relations director Japfa dalam keterangan resminya, Kamis (24/11/2016).

Japfa merupakan salah satu perusahaan agribisnis di Indonesia yang memiliki integrasi hulu hilir dari usaha produksi pakan, pembibitan, budidaya, dan pengolahan produk akhir untuk ayam, sapi, ikan, dan udang. Ditambah lagi dengan dukungan usaha lainnya seperti laboratorium dan pabrik vaksin termodern di Indonesia, Japfa menguatkan struktur usahanya di seluruh penjuru Indonesia.
(dol)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.6248 seconds (0.1#10.140)