Libur Natal-Tahun Baru, Dua Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan

Jum'at, 16 Desember 2016 - 22:23 WIB
Libur Natal-Tahun Baru, Dua Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan
Libur Natal-Tahun Baru, Dua Maskapai Tambah Jadwal Penerbangan
A A A
YOGYAKARTA - Otoritas Bandara Adisutjipto, PT Angkasa Pura I (AP I) siap mengantisipasi lonjakan penumpang selama libur Natal dan Tahun Baru 2017. Diperkirakan terjadi penngkatan jumlah penumpang, sehingga ada dua maskapai mengajukan tambahan penerbangan selama periode tersebut.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto Kol Pnb Agus Pandu Purnama memperkirakan peningkatan jumlah penumpang sebesar 12% dibanding akhir pekan di hari biasa.

"Kalau dibanding liburan biasa tahun ini akan terjadi peningkatan 12%, tetapi kalau dibanding libur Natal dan Tahun Baru tahun lalu peningkatannya hanya 2%," ujarnya di Yogyakarta, Jumat (16/12/2016).

Agus mengatakan, tidak terlalu tingginya peningkatan dibanding tahun lalu lantaran fasilitas di bandara ini sangat terbatas. Kapasitas runway, parking stand pesawat ataupun taxy way juga sangat minim. Sehingga, jumlah pesawat yang mendarat di bandara ini juga sangat terbatas.

Jika ada maskapai yang mengajukan tambahan jadwal penerbangan, biasanya mereka arahkan pada jam-jam yang masih kosong, biasanya di siang hari. Jika pada jam-jam sibuk antara pukul 17.00 WIB hingga 21.00 WIB, slot time penerbangan sudah tidak ada lagi sehingga kemungkinan tidak akan diloloskan ketika ada maskapai yang mengajukan jadwal tambahan pada jam-jam tersebut.

Untuk libur Natal dan Tahun baru kali ini, sudah ada dua maskapai penerbangan yang mengajukan jadwal tambahan. Dua maskapai tersebut masing-masing di antaranya Citilink dan NAM Air.

Keduanya mengajukan jadwal penerbangan karena peminat penerbangan maskapai ini meningkat selama libur Natal dan Tahun Baru. "Keduanya mengajukan jadwal, tetapi beda-beda," paparnya.

NAM Air mengajukan jadwal penerbangan setiap hari ke Pontianak dan sudah dilakukan sejak 9 Desember 2016. Rencananya mereka akan menambah jadwal penerbangan hingga 3 Januari 2017. Sementara Citilink akan mengajukan tambahan penerbangan empat kali dalam sepekan.

Agus mengungkapkan, Citilink akan mengajukan jadwal penerbangan tambahan mulai 23 Desember 2016 hingga 3 Januari 2017. Citilink akan menambah jadwal penerbangan jurusan Jakarta, yaitu ke Cengkareng.

Tambahan penerbangan dari CItilink ini tidak setiap hari. "Katanya akan diselang-seling (sehari ada tambahan, sehari tidak," tuturnya.

Head Of Communication And Legal PT Angkasa Pura I Bandara Adisutjipto, Liza Anindya menambahkan, puncak arus penerbangan pada libur Natal dan Tahun Baru ini kemungkinan akan terjadi pada 23 Desember hingga 25 Desember 2016 dan 1-3 Januari 2017.

Kemungkinan besar, arus penumpang di bandara ini akan menyentuh angka 23.000 per hari. "Kalau hari biasa hanya 18.000 hingga 20.000 per harinya," kata dia.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6177 seconds (0.1#10.140)