Pedagang Menjerit Harga Cabai Meroket di Awal Tahun

Jum'at, 06 Januari 2017 - 05:57 WIB
Pedagang Menjerit Harga...
Pedagang Menjerit Harga Cabai Meroket di Awal Tahun
A A A
JAKARTA - Awal tahun 2017, masyarakat dan pedagang dikejutkan dengan naiknya harga-harga kebutuhan pokok. Salah satunya cabai rawit yang harganya melambung tinggi.

Tercatat di Pasar Senen, Jakarta Pusat harga cabai rawit pada 2016 masih Rp90.000 per kilogram (kg), namun memasuki tahun baru harganya melesat hingga Rp130.000/kg.

"Cabai rawit sekarang Rp130 ribu per kilogram. Kenaikannya setelah tahun baru. Mulai kenaikannya sudah dari sebelum tahun baru, tapi belum separah setelah tahun baru," ujar Ibeng (32) salah satu pedagang di Pasar Senen, Jakarta Pusat, Kamis (5/1/2017).

Dia menambahkan kenaikan harga ini disebabkan karena berkurangnya pasokan, sementara permintaan masyarakat meningkat pada libur panjang Natal 2016 dan Tahun Baru 2017. "Ya karena pasokan kurang juga. Apalagi semua pada naik kan, bensin naik listrik naik sekarang," keluhnya.

Seperti diketahui, belum lama ini pemerintah telah menaikkan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) untuk jenis Pertamax dan sejenisnya, ditambah lonjakan harga tarif listrik yang sedikit banyak berimbas kepada kenaikan harga barang pokok. Akibat kenaikan harga cabai, pendagang mengeluhkan penurunan omzet.

"Sebelum kenaikan kami bisa mendapatkan omzet sehari hingga Rp3,5 juta. Tapi saat harga cabai naik tinggi, omzet lumayan turun hingga 2,5 -2,7 juta sehari," terangnya.

Sementara itu sebelumnya Menteri Perdagangan (Mendag) Enggartiasto Lukita menanggapi dengan santai terkait melambungnya harga cabai di Ibu Kota.
Menurutnya, saat ini harga cabai belum terlalu meroket drastis sehingga belum dibutuhkan penanganan khusus.

"Kalau (lonjakan harga cabai) masih dalam disparitas yang tidak terlalu besar, ya sudah biarkan saja dulu. Kalau tinggi sekali baru kita (tangani)," katanya di Menara Bidakara, Jakarta.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2196 seconds (0.1#10.140)