Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi

Jum'at, 06 Januari 2017 - 19:31 WIB
Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi
Terminal Baru Bandara Husein Sastranegara Resmi Beroperasi
A A A
JAKARTA - PT Angkasa Pura II (AP II) hari ini, 6 Januari 2017 mulai mengoperasikan Terminal Baru untuk melayani penerbangan internasional di Bandara Husein Sastranegara, Bandung, Jawa Barat (Jabar).

Terminal baru seluas 6.297 m2 ini mampu menampung sebanyak satu juta penumpang pesawat per tahun. Adapun sebelumnya pada 6 April 2016 di Bandara Husein Sastranegara juga telah dioperasikan Terminal Baru untuk penerbangan domestik.

Sejalan dengan beroperasinya terminal domestik dan internasional yang baru maka Bandara Internasional Husein Sastranegara kini memiliki kapasitas total 3,4 juta penumpang per tahun atau jauh lebih besar dibanding sebelumnya yang hanya 600.000 penumpang per tahun.

Pengguna jasa dan masyarakat yang pertama kali berkesempatan merasakan kenyamanan dan berbagai fasilitas baru di terminal baru untuk rute internasional ini adalah penumpang AirAsia nomor penerbangan AK 417 tujuan Kuala Lumpur dengan keberangkatan pukul 08.30 WIB dan AirAsia nomor penerbangan QZ 365 tujuan Singapura berangkat pukul 08.35 WIB.

Director Operation & Engineering PT Angkasa Pura II (Persero) Djoko Murjatmodjo mengatakan, perusahaan mengucapkan terima kasih atas dukungan dan doa dari seluruh pihak. Sehingga, soft operation terminal internasional baru Bandara Husein Sastranegara dapat berjalan lancar.

"Dari sisi fasilitas pelayanan, terminal baru ini memiliki 10 counter check-in untuk penerbangan internasional dan sistem penanganan bagasi Automatic Baggage Conveyor terbaru untuk mempermudah serta mempercepat pengambilan bagasi kepada pengguna jasa bandara," ujar dia dalam rilisnya di Jakarta, Jumat (6/1/2017).

Total investasi yang dikeluarkan AP II untuk pembangunan terminal baru domestik dan internasional serta fasilitas di Bandara Internasional Husein Sastranegara adalah Rp177 miliar yang seluruh pendanaannya pembangunan tersebut menggunakan kas internal korporasi.

"Kami optimistis terminal baru ini akan mampu menarik minat maskapai untuk membuka rute internasional guna mendukung pertumbuhan pariwisata di Jawa Barat khususnya Bandung, serta Indonesia secara umum," tutur Djoko.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.5047 seconds (0.1#10.140)